Arti Ring atau Cincin pada Penderita Jantung

Tanpa sadar setiap kali ada pertemuan atau dalam pembicaraan di masyarakat, kita mendengar tentang istilah cincin atau ring. Si Fulan berkata,
"Wah, Si Fulan sekarang sudah memakai cincin sebanyak enam buah."

Bagi orang yang tidah mengetahuinya, mungkin bingung, sebenarnya yang dimaksud adalah apakah orang itu memakai cincin enan buah di setiap jari-jarinya.





Memang nama umumnya adalah cincin yang merupakan padanan kata untuk ring. Meskipun sebenarnya yang dimaksud ring tersebut adalah stent.

Stent adalah tabung seperti geronjong bambu pada pembuatan saluran irigasi, yang bisa menjadi penyangga yang dipasang pada lubang atau pipa dalam tubuh untuk menjaga agar saluran itu tetap terbuka.


Tabung ini berupa anyaman serat metal ataupun plastik halus yang dipasang menetap di lubang atau saluran yang sudah ada, yang sempat menutup atau menyempit oleh karena sebab-sebab tertentu.

Macam plastik pertama yang digunakan merupakan komposisi karet karya drg. Charles Thomas Stent pada pertengahan abad ke 19 untuk bantalan gigi palsu yang dipasang.

Nyatanya, teknologi ini dinamakan sesuai dengan nama beliau. Sedangkandari segi bahasa, stent itu berarti meregang yang untuk aplikasi klinik mulai dipakai pada tahun 1986.






Jadi stent atau cincin ini adalah merupakan alat mirip tabung yang dipasang pada pembuluh darah atau semacamnya, misal di pembuluh darah jantung.

Cincin namanya tapi bukan cincin yang pernah kita lihat atau cincin yang melingkar di jari kita karena sebenarnya tidak pernah berbentuk cincin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Ring atau Cincin pada Penderita Jantung"

Post a Comment