4 Khasiat Kismis Nutrisi Alami Rasulullah SAW

Untuk menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya meniru gaya hidup Rasulullah SAW. Beliau ini orang yang sangat peduli akan kesehatan tubuhnya dan karenanya beliau jarang sekali sakit.

Salah satu cara beliau menjaga kesehatan yaitu dengan mengonsumsi kismis setiap pagi hari sebelum sarapan. Tak bisa dipungkiri, kismis ini ternyata banyak sekali manfaatnya.

Anggapan masyarakat yang menyatakan bahwa makanan yang bersifat lengket di gigi adalah merugikan, tidaklah selalu benar adanya. Meskipun lengket di gigi, ternyata kismis memiliki kemampuan menghalau pertumbuhan mikroba perusak gigi dan gusi.


Makanya, kalau dipandang dari sifat lengket tersebut, maka mengonsumsi kismis akan lebih baik daripada mengonsumsi permen yang malah bersifat merusak gigi.

Tak semua orang kenal manfaat kismis. Selain enak, kismis adalah makanan yang kaya kalori, serat dan mineral. Makanan yang bisa dijadikan camilan ini mengandung antioksidan, serat serta baik untuk kesehatan mulut dan gigi.

Apa itu Kismis?


Kismis sebenarnya adalah buah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Kismis ini rasanya sangatlah manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi. Dan jika disimpan lama, maka gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya.

Proses ini dapat menyebabkan kismis menjadi kasar meskipun tidak berpengaruh pada penggunaannya. Besntuk kismis kecil, hitam dan manis alias anggur hitam yang dikeringkan hingga menjadi bulir-bulir kecil.






Pertama Kali Dibuat


Pada awalnya, kismis pertama kali dibuat dari anggur hitam yang berasal dari negara Yunani. Namun dalam perkembangannya kismis bisa dibuat dari berbagai macam jenis anggur hitam.

Kandungan Kismis


Sebagai bahan pangan, kismis banyak mengandung lemak dan protein. Kandungan kalorinya mencapai 850 kalori per 454 gram. Kurang lebih 2 banding 1. Satu gramnya mengandung dua kalori.

Kismis bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai macam kudapan. Untuk camilan, sebaiknya jangan terlalu banyak karena kismis mengandung cukup tinggi zat gula.

Kismis juga mengandung 20 jenis zat antioksidan termasuk kuersetin yang telah terbukti ampuh untuk membantu pencegahan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kismis juga mengandung sejumlah besar unsur kalium yang berperan mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam sel dan membantu proses kontraksi otot.


Kismis tak hanya enak untuk campuran bahan makanan lain, namun ia juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh seperti,

1. Memperlambat penuaan.
2. Mencegah penggumpalan darah.
3. Menghambat pertumbuhan kolesterol jahat.
4. Membantu mencegah serangan jantung.
5. Dan membantu mencegah darah tinggi.




3 Khasiat Kismis Nutrisi Alami Rasulullah


Selain lima khasiat kismis di atas, masih ada lagi khasiat yang lain, diantaranya adalah,

1. Gula Alami.

Rasa manis yang ada pada kismis merupakan gula alami yang memiliki nilai glikemik cukup tinggi sehingga mudah diserap menjadi gula darah dalam tubuh kita. Tapi ingat ya, bagi penderita kencing manis, jangan terlalu banyak mengonsumsi karena bisa jadi meningkat gula darahnya.

Jenis gula yang ada di kismis adalah fruktosa dan glukosa. Gula-gula ini dikenal dapat:

- Meningkatkan daya pemikiran otak.
- Menajamkan memori
- Menguatkan daya ingat.

Otak sangat memerlukan zat gula ini dalam kuantiti tertentu agar otak encer. Kismis juga bisa menyediakan gula dalam kuantiti yang banyak serta cepat.

2. Mencegah terjadinya osteoporosis.

Kismis yang baik dan sehat adalah yang dikeringkan di bawah terik matahari dan tidak dicampur dengan belerang. Kismis ini ternyata mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

3. Menyehatkan jantung.

Rasulullah SAW bersabda,
"Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum sarapan, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian."
(Imam Ali ra).

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda,
"Kismis dapat menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, dan memulihkan kesehatan jiwa."

4. Pengawet alami.

Fungsi kismis pada roti adalah sebagai pengawet alami yang dapat memperpanjang masa simpan, menambah rasa manis, memperbaiki tekstur dan penampakan khususnya warna.

Apakah Anda penggemsr roti? Kalau jawabnya iya, pasti kenal dengan yang namanya kismis. Kismis makanan bernutrisi alami bahkan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Rasulullah SAW.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Khasiat Kismis Nutrisi Alami Rasulullah SAW"

Post a Comment

Labels