Apa Pengaruh Gizi Terhadap Daya Kerja

Manusia membutuhkan makanan setiap harinya agar kuat beraktivitas. Dalam makanan yang kita makan tersebut terdapat gizi yang sangat penting bagi tubuh kita.

Manusia yang sehat memiliki tubuh yang dapat berfungsi dengan baik dan dalam jaringan-jaringan tubuhnya memiliki cadangan zat gizi yang cukup untuk mempertahankan kesehatannya.

Cadangan zat gizi akan dipergunakan apabila kebutuhan tubuh akan zat gizi sehari-hari tidak terpenuhi. Dan sebaliknya, bila konsumsi zat gizi berlebihan, maka kelebihan tersebut akan ditimbun dalam jaringan-jaringan tubuh dalam batas-batas tertentu.


Apabila jaringan-jaringan tubuh telah terlalu jenuh akan zat gizi tersebut tidak dapat lagi ditampung dan akan mengganggu proses-proses dalam tubuh.






Dengan demikian jelaslah bahwa kekurangan maupun kelebihan zat gizi akan dapat menyebabkan kelainan. Keadaan seperti ini disebut dengan gizi salah, baik gizi kurang maupun lebih.

Sedangkan gizi baik itu terletak diantara keduanya.

Perubahan keadaan gizi orang sehat hingga ia merasa dirinya sakit, memakan waktu yang lama sekali. Sebelum proses perubahan, tubuh telah membiasakan diri dengan fungsi-fungsi tubuh yang kurang sempurna sehingga biasanya orang tersebut tak sadar bahwa ia sedang dalam kondisi kurang gizi.



Tingkat kesehatan semacam inilah yang disebut dengan kondisi tidak sakit tetapi tidak sehat. Keadaan semacam ini banyak terdapat di Indonesia.

Meskipun dalam tahap ini orang tidak merasa bahwa dirinya sakit, akan tetapi hal itu mempengaruhi kemampuan atau daya kerja seseorang.

Keadaan seperti ini biasanya ditandai dengan orang menjadi kurang bergairah, cepat lelah, mengantuk dan sering sekali menderita sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Pengaruh Gizi Terhadap Daya Kerja"

Post a Comment

Labels