3 Kegunaan Makanan Dilihat dari Sudut Ilmu Gizi

Semua makhluk hidup membutuhkan makanan demi keberlangsungan hidupnya. Begitu juga dengan manusia, butuh makan dan minum agar bisa beraktivitas kembali.

Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat-zat yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia mutlak memerlukan makanan.


Dalam makanan terdapat gizi yang jumlahnya berbeda-beda antara jenis makanan yang satu dengan yang lainnya. Bisa berasal dari tanaman maupun dari hewan.

Jika dilihat dari sudut ilmu gizi, makanan memiliki tiga kegunaan, diantaranya adalah:

3 Kegunaan Makanan Dilihat dari Sudut Ilmu Gizi


1. Memelihari dan membangun tubuh.

Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan sampai masa remaja, telah terjadi pembrakentukan sel-sel baru secara besar-besaran, terlebih pada usia balita.






Serlain untuk pertumbuhan, pembentukan sel-sel baru diperlukan untuk mengganti bagian-bagian tubuh yang rusak atau hilang. Agar tubuh tetap sehat, maka ya harus dipelihara.

2. Memberi tenaga kepada tubuh.

Manusia hidup harus dapat bergerak. Dan agar bisa melakukan gerakan, maka diperlukan tenaga atau panas, baik sadar maupun tidak sadar.

Tenaga diperoleh dari makanan yang kita konsumsi.

3. Mengatur proses faali tubuh.

Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, berbagai fungsi faali dalam tubuh harus diatur dan dikoordinasi. Misalnya proses pengataturan suhu tubuh dan sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Kegunaan Makanan Dilihat dari Sudut Ilmu Gizi"

Post a Comment

Labels