Penyebab dan Penanganan Mata Panda yang Lain

Mata panda sering disebut juga dengan kantung mata. Hal tersebut sudah sering kita dengar dalam keseharian kita. Lalu apanya yang berbeda dengan kantung mata ya.

Mata panda ini adalah lingkaran di sekitar mata yang tampak lebih gelap. Sedangkan kantung mata ini adalah sesuatu yang bisa menjadi salah satu penyebab mata tampak gelap atau mata panda.

Kalau kita lihat, di sekitar mata hewan panda, tampak agak kegelapan seperti diberi arang. Padahal ya memang dari sananya saja yang demikian itu.

Mengapa begitu terlihat? Ya karena area yang ada di sekitarnya tampak lebih cerah atau terang jika bisa merefleksikan suatu sinar. Misalnya saja kalau ada sinar di wajah, ia akan memantul di hidung, pipi dan dahi.

Nah, pada saat lemak yang ada di daerah mata turun ke bawah, tentu sinar tidak akan memantul sehingga akan terlihat lebih gelap. Namun mata panda ini bisa juga disebabkan oleh hal lain.


Penyebab Mata Panda yang Lain


Penyebab mata panda yang lain bisa juga karena pembuluh di sekitar mata terlalu rapuh. Nah, karena rapuh ini, terkadang darah (hemoglobin) dan turunannya juga bisa menyebabkan warna tampak gelap.

Bila suatu pembuluh darah (kapiler) pecah karena sering digesek, digaruk, atau diusap terlalu kencang, kemudian darah keluar, yang mana komponen darah gelap (hemosiderin), maka hemosiderinnya akan menetap dan membuat mata panda.

Penanganan


Untuk penanganannya, bisa ditunggu karena bisa hilang dengan sendirinya. Atau kalau menetap terus, bisa dihilangkan dengan krim yang mengandung arnica.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab dan Penanganan Mata Panda yang Lain"

  1. Mata panda bisa juga terjadi karena kurang tidur ya gan jadi untuk pencegahan nya tidur berkualitas agar tidak timbul mata panda atau lingkaran hitam pada bagian mata :-)

    ReplyDelete