3 Indikasi Medis Kenapa Harus Operasi Sesar

Saya baca salah satu media koran Jawa Pos, di situ disebutkan bahwa sebenarnya ada beberapa tanda atau indikasi medis yang mengharuskan seorang ibu melakukan operasi sesar.

Memang sih, tiada salahnya jika operasi sesar tersebut dilakukan berdasarkan permintaan pasien. Namun,metode persalinan sepertinya dan sebaiknya dilakukan jika ada indikai medis.

Jadi bukan karena ada faktor-faktor lain seperti supaya perut ibu hamil bisa tetap terjaga dengan baik selepas melakukan persalinan sesar. Atau alasan yang lainnya.





Nah, apa saja sih sebenarnya indikasi medis untuk melakukan operasi sesar ini? Berikut penjelasannya.

1. Indikasi ibu.

Yaitu adanya penyakit ibu dimana proses persalinan normal akan memperberat penyakit si ibu. Misalnya saja adalah penyakit jntung atau penyakit paru-paru. Atau adanya gloukoma pada mata, panggul yang sempit atau hal lainnya.
2. Indikasi janin.

Kelainan posisi atau presentase janin (letak lintang, presentase muka). Presentase muka artinya adalah suatu keadaan dimana kepala bayi dalam keadaan defleksi maksimal.

Sehingga oksiput tertekan pada punggung dan muka bagian terendah menghadap ke bawah. Bisa juga karena janin besar atau makrosomia. Kehamilan kembar dan sebagainya.

3. Indikasi lain.

Yang kemungkinan terjadi adalah plasenta terletak di jalan lahir, adanya tumor di jalan lahir seperti mioma misalnya.




Itulah ketiga indikasi medis yang sebenarnya harus dijalani operasi sesar. Selain alasan di atas, misalnya si ibu takut kesakitan yang berlebih atau ingin anaknya lahir pada hari dan tanggal tertentu, termasuk bukan sisi medis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Indikasi Medis Kenapa Harus Operasi Sesar"

Post a Comment

Labels