Waspadai Jika Ubun-Ubun Bayi Berdenyut

Ubun-ubun atau yang dikenal dalam istilah kedokterannya fontanella besar. Ketika dipegang, ubun-ubun terasa berdenyur, ada pergerakan.

Sebagai orangtua baru, pasti akan sangat khawatir melihat ini. Namun bagi yang sudah berpengalaman sebagai orangtua, maka hal tersebut wajar-wajar saja.

Fontanella besar ini akan menutup dengan sendirinya setelah usia bayi menginjal 19 bulan, berarti dua tahun kurang. Tak perlu dikhawatirkan.





Namun jika ubun-ubun bayi berdenyut terus setelah bayi berusia 19 bulan, maka hal ini perlu dikhawatirkan oleh orangtua. Sudah waktunya behenti berdenyut kok masih saja terasa denyutnya.

Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter, karena dikhawatirkan merupakan suatu tanda penyakit. Penyakit yang bisa demikian adalah penyakit hidrosefalus.

Tanda-tanda lain yang mesti diwaspadai oleh orangtua adalah apabila ubun-ubun besar tersebut terasa cekung jika dipegang. Hal ini menandakan bahwa bayi mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.




Sedangkan yang lainnya adalah jika ubun-ubun besar tersebut teraba menonjol, harap hati-hati lagi karena kemungkinan besar bayi mengalami peningkatan tekanan dalam kepala.

Bisa juga bayi menalami tekanan intrakranial meningkat, yang biaasnya bisa disebabkan adanya infeksi di otak atau ada tumor yang bersarang di otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Jika Ubun-Ubun Bayi Berdenyut"

Post a Comment

Labels