6 Tanda Kehamilan Sehat

Semoga kehamilannya sehat dan lancar ya Bu....
Doa serta harapan di atas selalu terucap bahkan sampai berkali-kali diucapkan oleh seserang ketika berpapasan dengan seorang ibu yang sedang mengandung.

Tapi, sebenarnya kehamilan yang sehat itu seperti apa sih? Nah, untuk memastikan kehamilan yang benar-benar sehat dan tak ada masalah, sebaiknya ibu hamil rutin memeriksakan dirinya ke dokter mengenai kehamilannya.

Mengacu pada WHO, pemeriksaan kehamilan harus dilakukan sebanyak minimal 4 kali. Yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali pada trimester terakhir.


Salah satu tanda dan ciri atau indikator bahwa seorang ibu memiliki kehamilan yang sehat adalah tekanan darahnya, serta kadar gulanya.

Memang sih ketika hamil, tekanan darah dan kadar gula mengalami peningkatan dan sedikit lebih tinggi, namun tidak terjadi lonjakan yang intens.

Nah, berikut ini ada beberapa tanda dan ciri kehamilan yang bisa dibilang sehat.

1. Tekanan darah dan kadar gula darah.

Perlu diwaspadai jika terjadi perubahan tekanan darah maupun gula darah yang drastis. Pasalnya keadaan tersebut dapat memicu preeklamasi yang bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Begitu pula dengan tekanan darah yang rendah selama kehamilan. Ada banyak penyebab terjadinya darah rendah pada ibu hamil, misalnya saja adalah:
- Dehidrasi.
- Pelebaran sistem sirkulasi darah.
- Pelepasan hormon tertentu yang memperlebar pembuluh darah.





Selain itu, seiring dengan membesarnya rahim, akan membuat tekanan pada pembuluh darah semakin membesar yang dapat menyebabkan hipotensi atau tekanan darah rendah.

2. Kondisi rahim dan plasenta.

Agar janin dalam kandungan tetap aman, maka kesehatan rahim dan plasenta harus tetap dijaga. Plasenta yang bagus harus melekat dengan baik pada dinding rahim. Jika tidak, maka akan menyebabkan bayi lahir prematur.

3. Pertumbuhan janin.

Pertumbuhan janin yang baik akan menentukan kesehatan bayi nantinya. Dan untuk memastikannya, dapat dilakukan dengan memantau berat badan ibu hamil secara rutin dan pemeriksaan janin melalui USG.




4. Berat badan selama hamil.

Salah satu tanda kehamilan sehat adalah dengan naiknya berat badan pada ibu hamil.

5. Kadar hormon.

Seorang ibu hamil bisa menghasilkan progesteron lebih dari 400mg. Hal ini tentu lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak hamil.

6. Gerakan janin.

Biasanya ada gerakan janin yang bisa dirasakan ketika masa kehamilan memasuki usia enam hingga sepuluh minggu. Gerakan janin membuktikan bahwa janin baik-baik saja dan mendapat cukup oksigen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tanda Kehamilan Sehat"

Post a Comment

Labels