Waspada Kalau Konsumsi Cairan di Bawah ini

Air merupakan sesuatu yang sangat vital bagi tubuh manusia. Sebagain besar tubuh kita terdiri atas air. Asupan air harian seorang anak akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Sebenarnya, asupan air banyak didapat dari minuman yang kita konsumsi. Apa jadinya jika tubuh kita kekurangan cairan? Pasti akan mengalami dehidrasi.

Cairan yang terbaik adalah air yang didapat dari air tanah yang sudah dimasak dengan suhu seratus derajat celsius. Ada kalanya tubuh perlu cairan yang ekstra, dan tgerkadang hanya biasa saja.

Air putih sangat baik untuk dikonsumsi ketimbang minuman yang berwarna. Di sini ternyata ada beberapa jenis cairan yang perlu diwaspadai untuk dikonsumsi.





Pasalnya, minuman ini akan berdampak kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Apa saja minuman tersebut? Berikut ini beberapa minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

Waspada Kalau Konsumsi Cairan di Bawah ini


1. Teh.

Sebenarnya teh juga mengandung kafein meskipun lebih sedikit jika dibsndingkan dengan kopi. Sehingga kalau dikonsumsi, teh bisa menyebabkan peningkatan produksi air seni. Perlu waspada agar tidak terkena dhidrasi.

Teh juga mengandung suatu senyawa yang disebut dengan polifenol yang dapat mengikat zat besi sehingga tubuh tidak akan mampu menyerap zat besi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi.

Bahkan dalam waktu jangka panjang, gangguan penyerapan zat besi ini dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Atau dalam bahasa awamnya dikenal dengan nama kurang darah.

Anemia difisiensi besi ini sering terjadi pada anak-anak, tapi mungkin juga pada orang dewasa. Yang akibatnya bisa mempengaruhi gangguan kognitif atau kecerdasan.




2. Soda dan minuman kemasan.

Minuman bersoda atau bisa disebut dengan minuman berkarbonisasi, seringkali dikonsumsi oleh semua orang pada saat ini. Perlu diketahui bahwa minuman bersoda juga mengandung kafein sebagaimana teh atau kopi.

Kalau bisa hindari atau batasi konsumsi minuman bersoda karena lebih banyak dampak buruknya ketimbang sisi baiknya bagi kesehatan tubuh.

Nol kalori atau zero calories seringkali digunakan untuk minuman bersoda ini. Dia tak mengandung zat gizi bagi manusia, malah memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas jika dikonsumsi secara rutin.

Soda juga bisa mengurangi nafsu makan. Akibatnya, asupan zat gizi melalui makanan juga akan berkurang. Menurunkan kadar kalsium yang bisa mengakibatkan tulang menjadi rapuh, merusak gigi dan masih banyak lagi efek negatifnya bagi kesehatan.

Itulah dua macam minuman yang mesti diwaspadai oleh semuanya pada zaman modern ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Kalau Konsumsi Cairan di Bawah ini"

Post a Comment