8 Zat Pewarna Alami dari Hewan dan Tumbuhan

Selain memperhitungkan soal rasa, buat anak-anak adalah masalah warna. Makanan yang berwarna-warni akan menjadi daya tarik untuk membeli buat mereka. Seperti makanan yang umum bagi anak, permen, kerupuk, agar-agar, gulali dan sebagainya.

Tak pelak lagi, makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak tak lepas dari zat pewarna. Maka dari itu, sebaiknya orangtua bisa memberikan sedikit pengetahuan cara memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi, bukan hanya asal pilih saja.


Mengenali warna makanan ternyata sangatlah penting, karena bisa mengetahui sejauh mana kandungan gizi serta apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya.

Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh manusia terdapat 50, bahkan lebih jenis zat gizi yang harus dipenuhi setiap harinya. Dan tak ada jenis makanan yang mengandung unsur-unsur gizi dalam jumlah yang cukup untuk keperluan tubuh.

Pewarna alami yang sering digunakan dalam makanan biasanya merupakan ekstrak dari pigmen hewan dan tumbuhan. Contohnya adalah sebagai berikut.





8 Zat Pewarna Alami dari Hewan dan Tumbuhan


1. Karoten.

Warna jingga hingga merah. Biasanya digunakan dalam minyak goreng dan margarin. Zat karoten biasa terdapat pada wortel dan labu.

2. Biksin.

Warna kuning mentega hingga kuning buah persik. Biasanya dipakai sebagai pewarna mentega, margarin, salad dressing serta minyak.

3. Karamel.

Warna cokelat, biasanya untuk mewarnai minuman berkarbonat, digunakan untuk roti, kue dan biskuit.


4. Chocineal.

Warna merah berasal dari coccus cacti betina yang dikeringkan.

5. Karmin.

Warna merah muda, biasa dipakai untuk melapisi bahan berprotein.






6. Klorofil.

Warna hijau, terdapat dalam dedaunan. Yang sering digunakan adalah daun pandan dan daun suji.

7. Curcumin.

Warna kuning yang berasal dari kunyit.

8. Merah bit atau beet red.

Itulah kedelapan pewarna alami yang berasal dari hewan atau tumbuhan. Pewarna jenis ini sudah terbukti aman digunakan untuk mewarnai berbagai macam makanan untuk anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Zat Pewarna Alami dari Hewan dan Tumbuhan"

Post a Comment

Labels