8 Tips Lancar Menjalankan Ibadah Puasa

Puasa sudah tiba menghampiri kita. Puasa Ramadan itu hukumnya adalah wajib bagi umat Islam yang lagi tak ada halangan. Meskipun puasa Ramadan hukumnya wajib, namun tak semuanya berpuasa juga.

Karena ada beberapa golongan yang diberikan keringanan untuk tidak berpuasa saat itu juga, namun bisa menggantinya di waktu yang lain.

Salah satu golongan yang diperbolehkan tersebut adalah ibu yang sedang menyusui. Meskipun demikian, masih banyak juga ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa. Boleh-boleh saja, asalkan nutrisi yang dibutuhkan tetap terpenuhi selama melaksanakan puasa.





Sebenarnya ada beberapa aturan yang mesti dilaksanakan agar dalam melaksanakan ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan mengatur model makanan yang disantap ketika sahur dan berbuka puasa.

Berikut ini ada delapan tips agar lancar menjalankan ibadan puasa.

8 Tips Lancar Menjalankan Ibadah Puasa


1. Saat sahur usahakan membatasi asupan teh dan kopi.

Sebab, dua item tersebut mampu membuat metabolisme berjalan cepat, sehingga akan lebih cepat mendatangkan rasa haus meskipun tak terdehidrasi.


2. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat cerna dan memiliki serat yang tinggi.

Misalnya saja adalah gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian dan nasi merah.

3. Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma.

Hal ini dikarenakan, kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan mengonsumsi kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan-lahan terpenuhi lagi.

4. Mengonsumsi pisang saat berbuka.

Pisang sangat baik bagi tubuh, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat.






5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka puasa.

Karena makanan yang digoreng bisa meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh.

6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna.

Contohnya adalah gula, karena bisa mendatangkan rasa cepat haus di tengah Anda sedang menjalaninya.

7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur.

Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar lancar melakukan aktivitas pada keesokan harinya.

8. Hindari terlalu banyak minum es.

Karena es memudahkan Anda kenyang, namun asupan gizi makanan akan turun dan tak bisa masuk ke dalam tubuh.

Itulah kedelapan tips lancar berpuasa, semoga bisa berguna bagi kita semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Tips Lancar Menjalankan Ibadah Puasa"

Post a Comment

Labels