3 Cara Aman Memilih Makanan Menurut BPOM

BPOM sangat penting keberadaannya di Indonesia. Dengan adanya BPOM tersebut, masyarakat menjadi yakin dalam memilih makanan yang sehat dan aman.

Terutama bahan pangan yang berwarna-warna, biasa tersaji di depan-depan sekolah agar tampak menarik sehingga anak-anak akan membelinya.

Sebaiknya pilih saja pewarna makanan yang alami seperti daun pandan yang berwarna hijau dengan aroma khas sedap. Selain aman, juga tidak menimbulkan bahaya lainnya.

Menurut peraturan BPOM No. 37/2013, BPOM 2012, 2005, 2006, jajanan yang aman haruslah memenuhi syarat aman dari bahaya fisik, kimia dan biologis.





3 Cara Aman Memilih Makanan Menurut BPOM


Apa arti dari ketiga hal tersebut? Inilah penjelasannya.

1. Bahaya fisik.

Terdapatnya benda-benda seperti rambut, kuku, serangga, potongan plastik, lidi, kerikil, pasir dan lain sebagainya yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi.

2. Bahaya kimia.

Yang dimaksud di dini adalah terdapatnya cemaran bahan kimia seperti pestisida, bahan cat, tekstil yang berasal waktu proses pengolahan makanan atau dapat pula akibat kandungan dari makanan itu sendiri seperti sianida pada singkong, racun pada jamur dan jengkol.






3. Bahaya biologis.
Yaitu adanya mikroba yang patogen (menyebabkan penyakit) seperti virus, bakteri, jamur, parasit dalam makanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Aman Memilih Makanan Menurut BPOM"

Post a Comment

Labels