10 Tips Seputar Puasa Ramadan

Tentunya semua ingin agar ibadah puasa Ramadannya menjadi lancar dan berjalan dengan mulus. Berikut ini di blog obat sakit akan memberikan tips untuk diketahui agar puasa berjalan tanpa ada hambatan yang dikutip dari berbagai macam sumber.

Memang puasa tinggal beberapa hari saja, namun tak ada salahnya menyimak tipsnya agar di lain waktu atau tahun depannya lagi ketika Ramadan tiba.

Ada beberapa orang yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa, diantaranya adalah orang-orang yang sudah tua, dimana ia tidak kuat untuk berpuasa. Namun tetap diganti dengan membayar fidyah.

Atau orang yang pekerja terlalu berat di luar kemampuan manusia pada umumnya. Maka mereka yang termasuk ini, boleh mengganti puasanya di hari lain.





Berikut ini 10 Tips Seputar Puasa Ramadan


1. Cegah maag kambuh.

Banyak sekali para penderita maag yang merasa khawatir bahkan takut berpuasa karena akan kambuh maagnya jika berpuasa, bahkan bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

Paadahal sebenarnya tidak sama sekali bila mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda. Diantaranya adalah selalu makan sahur dan menghindari makanan yang memicu asam lambung seperti kopi.

2. Hilangkan bau mulut.

Cara mencegahnya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi saat sahur dan berbuka puasa.

3. Cegah panas dalam.

Tiap kali sahur dan berbuka bisa mengonsumsi buah delima.




4. Sayur dan buah untuk sahur dan berbuka.

Selama berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan cukupenergi sehingga menghancurkan lemak dan otot rangka untuk diubah menjadi energi.

5. Olahraga kala berpuasa.

Tak ada alasan libur untuk berolahraga. Olahraga ringan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa.

6. Cegah kantuk saat sahur.

Caranya dengan tidur lebih awal kan bisa...

7. Lawan lemas saat berpuasa.

Cara efektif adalah dengan bersepeda misalnya.Atau bisa juga dengan shopping atau memasak makanan.

8. Ibu hamil boleh puasa asalkan.

Asalkan tidak menderita penyakit penyerta, baik yang diderita sebelum maupun kehamilan.

9. Melatih anak puasa.

Perhatikan dengan seksama kondisi fisik anak dan ukur kemampuannya untuk memulai latihan puasa, apakah ia cukup mampu menyelesaikan langsung sampai maghrib atau setengah hari dulu.

10. Usir kebosanan si kecil.

Temani si kecil bermain seperti main ular tangga dan sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Seputar Puasa Ramadan"

Post a Comment

Labels