4 Bahan Mineral yang Diperlukan Tubuh serta Fungsinya

Mineral diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit saja. Fungsi mineral bagi tubuh adalah untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh.

Ada banyak mineral yang diperlukan oleh tubuh. Namun ada beberapa mineral yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh dengan segera.





4 Bahan Mineral yang Diperlukan Tubuh serta Fungsinya


1. Kalsium.

Berfungsi untuk pembentuk tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berfungsi membantu pembekuan darah jika tubuh mengalami luka. Bahan makanan yang mengandung kalsium adalah susu, ikan dan roti.

2. Zat besi.

Berfungsi sebagai pengikat oksigen di dalam darah. Jika kekurangn zat besi, maka tubuh akan mengalami anemia atau kekurangan darah. Bahan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging, kuning telur dan kacang-kacangan.






3. Fosfor.

Berfungsi menjaga kesehatan serta kekuatan gigi dan gusi. Jika seseorang kekurangan zat fosfor, maka akan menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. Fosfor banyak terdapat pada susu dan kuning telur.

4. Iodin.

Berfungsi untuk mencegah penyakit gondok. Kekurangan iodin bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan serta cacat mental. Iodin banyak terdapat pada garam dapur beriodin, air minum serta ikan laut.

Itulah keempat zat mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh dengan segera, karena kalau sering tidak mengonsumsinya bisa menyebabkan sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Bahan Mineral yang Diperlukan Tubuh serta Fungsinya"

Post a Comment

Labels