Waspadai, Diare Akut Bisa Sebabkan Kematian

Musim hujan sudah datang. Kebanyakan daerah yang curah hujannya tinggi, akan terjadi banjit. Dan salah satu penyakit yang juga rawan muncul pada saat banjir adalah diare.

Bahaya diare adalah kalau tidak segera ditangani, maka akan bisa menjadi akut. Saat musim hujan begini, potensi terimbas menjadi ikut-ikutan meningkat.

Akibanya, sumber air minum di masyarakat menjadi tercemari, kemudian merambah ke makanan juga akan dengan mudah tercemari bakteri. Nah, dari sinilah, masyarakat mudah terkena penyakit diare.

Proses terjadinya penyakit diare ini dikarenakan adanya kontak tubuh ke kuman penyakit. Penyebaran kuman dan bakteri bisa terjadi ketika penderita, khususnya para ibu tidak langsung mencuci tangan sebelum makan atau dalam mengolah makanan. Apalagi sebelumnya, mereka habis buang air besar, menceboki anak atau memegang hewan dan benda dari lingkungan yang kotor.

Semuanya harus selalu menghindari, menjaga lingkungan setelah hujan dan banjir. Selalu memakai pelindung ketika memberishkan apa saja.





Gejala Awal


Gejala awal diare hingga menjadi akut yaitu adanya rasa sakit yang teramat sangat pada perut setelah buang air besar atau sebelumnya. Sakit perut ditandai dengan rasa kembung, mual dan terus buang air besar yang tinjanya berupa cairan.

Serasa tak bisa ditunda lagi ketika ingin buang air besar. Diare akut juga ditandai dengan demam serta sakit kepala. Pada kondisi akut, tinja kerap disertai adanya darah.

Diare akut bisa mengalami dehidrasi berat. Inilah diareb yang bisa menyebabkan kematian jika tidak segera dilakukan penanganan.

Selalu Mencuci Tangan


Semua anggota keluarga harus selalu menjaga kebersihan lingkungan. Langkah kecil yang bisa dilakukan untuk mencegah diare adalah dengan membiasakan mencuci tangan dengan memakai sabun.


Selain itu, menjaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup dan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian dalam penyajian makanan dianjurkan agar mengonsumsi makanan yang masih segar. Karena makanan yang cukup lama disimpan juga tidak baik untuk kesehatan.

8 Langkah Penanganan Diare Akut


Jika sudah terkena diare, harus sesegera mungkin ditangani. Berikut ini 8 langkah penanganan penderita diare akut.

1. Perbanyak minum air putih atau mineral matang untuk menghindari dehidrasi.

2. Segera periksakan ke dokter.

3. Jangan minum air mentah atau air mineral dari pemfilter air.

4. Hindari makanan mentah seperti lalapan atau olahan makanan daging dan ikan.






5. Perbanyak konsumsi makanan yang teksturnya lembut.

6. Jangan memberi minuman campuran senbarangan.

7. Selalu mencuci tangan pakai sabun.

8. Selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Itulah delapan langkah penanganan diare akut. Perlu diketahui bahwa diare akut bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai, Diare Akut Bisa Sebabkan Kematian"

Post a Comment

Labels