Pengalaman Pertama Terkena Asam Urat

Hari-hari aku jalani seperti biasanya saja. Namun akhir-akhir ini banyak mengonsumsi keripik yang berasal dari tepung terigu. Keripik tersebut adalah keripik mie ayam, biasa orang menyebutnya.

Berminggu hingga berbulan lamanya, nikmat santap hal yang gurih-gurih sambil menonton televisi. Kebiasaan jelek ini berlanjut terus hingga tak sadar ada rasa nyeri di telapak kaki kananku setelah bangun tidur sekitar jam empat pagi.

Pada awalnya aku merasakan nyeri hanya di ujung jempol saja. Namun lama kelamaan beralih ke telapak kaki, sehingga sangat sakit ketika dipakai untuk jalan, bahkan sempat terjatuh di lokasi.

Memang sih setiap hari saya olahraga bersepeda kayuh (ontel) kira-kira satu jam lamanya. Setelah selesai bersepeda, di depan rumah saya berlari-lari sedikit selama sepuluh menit.
Meski begitu, sekalipun berolahraga teratur, tetap saja terkena asam urat. Soalnya memang gaya hidup berpengaruh juga meskipun tidak terlalu parah dengan nilai asam urat 8,4 namun rasanya sangat sakit.

Belum lagi pada pagi harinya istri saya memasak sayur daun singkong yang bersantan. Bak gayung bersambut, naiklah asam urat saya yang menyebabkan rasa nyeri pada pagi harinya.

Setelah di cek oleh dokter, ternyata bukan asam urat saja, tapi juga kolesterol terlalu tinggi. Kata dokter sih saya memang kegemukan dengan tinggi tubuh 165cm dan berat badan 66 kg. Masih kelebihan berat badan.




Setelah diperiksa, maka diberi dokter dengan obat asam urat, kolesterol yang diminum setiap menjelang tidur. Dan alhamdulillah rasa nyeri yang aku rasakan mulai berkurang.

Hingga tadi pagi, masih ada nyeri sedikit di daerah pangkal telapak kaki yang alhamdulillah bisa dibuat untuk berjalan kaki meskipun agak pelan.





Tak pandang umur, gaya hidup, keturunan dan serta kurang berolahraga rutin sangat memungkin terjangkit penyakit asam uratr, kolesterol bahkan gula atau kencing manis.

Berikut data dari dokter:
  • Asam urat 8,4mg
  • Kolesterol 211mg
  • Gula 114mg/dl
  • Tensi 130/80 mmhg.

Sedangkan nilai normal untuk laki-laki adalah:
  • Gula <140 br="" dl="" mg=""> Asam urat 3-7 mg/dl.
    Kolesterol < 200 mg/dl
    Tensi 120/80 mmhg.

Sayuran pantangan: daun singkong, buncis, kangkung.

Itulah pengalaman pertama kali merasakan sakit akibat asam urat. Bagi para pembaca, jangan sampai mengalami kejadian seperti saya. Teratur olahraga, banyak minum air putih bisa membantu mengeluarkan asam urat dalam tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Pertama Terkena Asam Urat"

Post a Comment