Kapan Waktu Sarapan yang Ideal

Karbohidrat diperlukan untuk menghasilkan energi pemacu otak. Sedangkan protein memiliki fungsi sebagai bahan dasar pembentuk sel dan jaringan baru dalam tubuh serta energi apabila cadangan lemak dan karbohidrat telah habis. Bahkan ada beberapa jenis protein yang bisa merangsang produksi enzim yang membantu mengatur kontraksi otot dan kegiatan sel lain.

Agar tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk pada saat beraktivitas di siang hari, maka kebutuhan akan karbohidrat dan protein lebih diutamakan.

Namun sayangnya, masih ada sebagian orang yang tidak mau melakukan sarapan karena berbagai alasan seperti takut terlambat kerja di kantor, bangun kesiangan dan sebagainya.





Belum lagi anak-anak masa sekolah, mereka terkadang enggan untuk sarapan. Sudah jadi tugas orangtuanyalah untuk membiasakan anak-anaknya melakukan sarapan pagi hari.

Jam Ideal Sarapan


Idealnya, sarapan dilakukan berkisar antara pukul 6-9 pagi, tidak lama setelah bangun tidur. Misalnya saja setelah mandi pagi hari.

Untuk anak sekolah dan pekerja di pagi hari mungkin masih bisa bersarapan di jam tersebut. Jika sekolah dan bekerja agak siang, setelah sarapan bisa diberikan makanan selingan.




Selain melihat faktor waktu sarapan yang ideal sebaiknya juga dapat memenuhi seluruh komposisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral yang cukup. Tapi tidak terlalu banyak mengandung lemak, sesuai dengan standar Angka Kecukupan Gizi (AKG).

Satu porsi sarapan harus mengandung 200-250 kkal atau berkisar antara 20-25 persen dari total makanan yang dikonsumsi dalam satu harinya.

Dengan demikian, akan meningkatkan kadar gula darah dan menjaga perut agar tetap kenyang. Dan paling tidak memenuhi 20 gram protein dan sekurangnya 5 gram serat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Waktu Sarapan yang Ideal"

Post a Comment