7 Bahan Alami Pereda Batuk Membandel

Biasanya kalau batuknya berdahak, minta bantuan garam dapur kemudian dineri air, diaduk, lalu dibuat berkumur agar dahaknya ikut keluar serta rasa gatal di tenggokan segera reda.

Ketika seseorang batuk, tentu akan sangat mengganggu sekali aktivitas harian. Oleh karena itu, segera redakan saja dengan bahan alami pilihan untuk menekan efek samping yang tidak diinginkan.

Salah satu bahan alami tersebut adalah daun mint yang rasanya agak panas ketika bahan tersebut berada di tenggorokan. Tapi rata-rata orang Indonesia cocok memakai bahan yang seperti ini.

Selain daun mint, ternyata masih ada lagi bahan herbal lain yang dapat meredakan segala jenis batuk membandel. Salah satunya adalah jeruk nipis.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk.

1. Jahe.





Jahe memang telah lama digunakan sebagai obat flu. Jahe mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi gangguan pernapasan bagian atas, seperti hidung, mulut dan tenggorokan.

Jahe juga merupakan bahan anti mual dan anti muntah.

2. Madu.


Madu memang telah terbukti secara klinis dapat membantu meredakan batuk dan tenggorokan gatal secara efektif. Bisa dikonsumsi langsung ataupun dicampurkan dengan bahan lain.

3. Lemon.


Lemon dapat juga meredakan batuk. Caranya taburi dahulu lemon dengan garam dan sedikit merica, kemudian diisap.

4. Jeruk nipis.


Bahan alami lain untuk obat batuk bisa memakai jeruk nipis. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan mampu meningkatkan sistem imun tubuh.




5. Merica hitam dan madu.


Untuk batuk basah, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan merica hitam dan madu. Merica akan menstimulasi sirkulasi dan aliran lendir, sedangkan madunya pereda batuk alami.

6. Kencur.


Kencur adalah bahan alami utama lain yang bisa dipilih untuk mengatasi batuk yang tidak kunjung sembuh. Kencur diperas kemudian diambil airnya lalu diminum.

7. Daun mint.


Daun juga telah terbukti efektif meredakan batuk. Bahkan sebagai bahan untuk membuat obat dan dipasarkan di toko-toko obat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Bahan Alami Pereda Batuk Membandel"

Post a Comment

Labels