2 Penyakit Ini Sebenarnya Bukan Flu

Penyakit Flu atau Influenza begitu sangat familier dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pada umumnya, orang awam mengenal penyakit flu yang disebabkan oleh virus influenza.

Influenza ini adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza. Sedangkan gejala penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini adalah sebagai berikut:

1. Batuk.
2. Demam.
3. Pilek.
4. Sakit tenggorokan.
5. Nyeri otot.
6. Mata memerah.
7. Pusing.
8. Merasa lelah.
9. Bersin.



Sementara itu, untuk gejala yang lebih berat, komplikasi influenza bisa menyebabkan radang paru-paru.

Virus influenza ini telah menyebar di seluruh dunia dalam wabah tahunan. Sehingga sekitar tiga juta sampai lima juta kasus tergolong penyakit parah. Dan sekitar 250-500 ribu telah mengakibatkan kematian.

Ragam penyakit flu, memang banyak. Mungkin saja penyakitnya memiliki gejala yang hampir mirip, namun dua penyakit di bawah ini bukanlah penyakit influenza.





Namun faktanya, banyak jenis flu-flu lain yang juga disebabkan oleh virus tersebut. Lucunya, ada beberapa penyakit yang menyandang nama "flu", meskipun sebenarnya tak berkaitan sama sekali dengan influenza.

Hmm....apa saja ya penyakit yang menyandang nama flu tersebut? Meskipun sebenarnya bukanlah flu.

2 Penyakit Ini Sebenarnya Bukan Flu


1. Flu Perut.

Disebut juga dengan gastroenteritis, yaitu suatu jenis infeksi pada sistem pencernaan, terutama pada usus dan lambung. Walaupun tidak berkaitan dengan influenza, kerap disebut sebagai flu perut atau flu lambung. Dan flu jenis ini sering menyerang anak-anak.

Flu perut disebabkan oleh virus (rotavirus) atau bakteri (campylobacter, salmonella, dan escherichia coli). Ditularkan melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi.



Gangguan yang ditimbulkannya sangat bervariasi, mulai dari sakit perut ringan disertai diare hingga muntah hebat terus-menerus selama beberapa hari.






2. Flu Singapura.

Penyakit ini tak ada hubungannya dengan influenza, melainkan adalah penyakit kaki, tangan dan mulut. Orang sering menyebutnya dengan penyakit KTM (Kaki, Tangan dan Mulut).

Istilah ini muncul karena bertahun-tahun lalu menyerang banyak anak-anak di Singapura. Karena gejalanya mirip dengan sakit flu. Dan banyak memakan korban jiwa di sana.

Maka dinamakan dengan flu Singapura. Dan itulah penyakit-penyakit yang menyandan nama 'flu', padahal sebenarnya bukanlah penyakit flu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Penyakit Ini Sebenarnya Bukan Flu"

Post a Comment

Labels