9 Daftar Imunisasi Dasar untuk Anak

Imunisasi adalah salah satu program kesehatan dari pemerintah yang paling efektif untuk mencegah kesakitan,kecacatan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Seperti yang kita lihat, mulai 8 Maret 2016 yang lalu pemerintah Indonesia telah mencanangkan sebagai Pekan Imunisasi Nasional, yaitu yang ditandai dengan pemberian vaksin folio di seluruh Nusantara.

Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Pekan imunisasi tersebut untuk memperkuat imunisasi rutin dan menutupi kesenjangan imunitas akibat masih adanya daerah-daerah dengan cakupan imunisasi rutin yang rendah.


Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, SpM mengatakan bahwa Indonesia telah berhasil mendapatkan Sertifikat Bebas Polio bersama negara-negara anggota WHO di Asia Tenggara pada Maret 2014.




Apa saja yang segarusnya diterima oleh anak mulai dari bayi hingga dewasa melalui imunisasi ini?

Berikut ini imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak yang mencakup pemberian vaksin.

1. Difteri.
2. Polio.
3. Tetanus.
4. Campak.
5. Tuberculosis.
6. BCG.
7. Pneumonia.
8. Hepatitis B.
9. Meningitis.





Ahli kesehatan mengklaim bahwa imunisasi adalah langkah paling efektif yang bisa dilakukan hingga saat ini. Selain mampu mencegah kematian anak, imunisasi juga hemat biaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Daftar Imunisasi Dasar untuk Anak"

Post a Comment