6 Fakta Menarik dari Nyamuk Aedes Aegypti

Ini ada beberapa fakta yang menarik dari nyamuk aedes aegypti. Ternyata jenis nyamuk yang menggigit manusia dan membawa virus dengue melalui air liurnya adalah nyamuk betina.

Nyamuk betina dewasa membutuhkan energi untuk bertelur sehingga mereka akan mengisap darah manusia berkali-kali hingga kenyang dan telur menjadi matang.

Setiap satu nyamuk aedes aegypti betina mampu menghasilkan ribuan telur yang disimpan di genangan air dan dinding tempat penampungan air.

Telur tersebut bisa bertahan sekitar 3-6 bulan lamanya dengan menempel pada dinding bak mandi. Dan siklus seperti ini terjadi selama seminggu sekali.


Untuk itu, kita sebaiknya menguras bak mandi paling tidak seminggu sekali dengan cara menggosok sampai bersih setiap sudut dinding tempat penampungan air.

Setelah telur menetas, maka akan ada ribuan calon nyamuk yang siap menggigit kita. Berikut ini sifat-sifat nyamuk aedes aegypti betina yang harus kita waspsadai.

6 Fakta Menarik dari Aedes Aegypti






1. Bersifat antropophilic.

Artinya senang pada bau manusia, dan biasanya bersarang di balik gantungan baju yang sudah dipakai dan menimbulkan bau keringat. Sebaiknya jangan biarkan baju kotor menumpuk digantung belakang pintu kamar.

2. Nyamuk betina berumur 2-3 bulan.

3. Tiap 2 hari menisap darah manusia untuk bertelur.

4. Perkembangan telur nyamuk membutuhkan waktu 7-10 hari.

5. Terbang pada pagi dan siang hari.

6. Terbangnya tidak terlalu tinggi.





Hanya satu lingkungan yang sama. Maka dari itu, meskipun kita sudah menjaga betul-betul dari ancaman nyamuk aedes aegypti, namun tetangga tidak menjaga kebersihan, kemungkinan besar nyamuk aedes aegypti tetap masih ada.
Lazada Indonesia
Untuk mencegahnya, bersihkan lingkungan sekitar tempat kita tinggal dari jentik-jentik nyamuk aedes aegypti yang merupakan tanggang jawab kita semua, bukan masalah personal saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Menarik dari Nyamuk Aedes Aegypti"

Post a Comment