12 Khasiat Luar Biasa dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang kaya manfaat, bahkan bisa diolah menjadi apapun. Mau dibuat minuman, penambah rasa hingga bisa menjadi bumbu masakan para ibu di Indonesia.

Buah yang satu ini memiliki rasa yang masam, namun sangatlah besar pada saat dicampurkan ke dalam minuman. Misalnya saja air kelapa hijau yang biasa kita beli di pinggir jalan. Guna menambah rasa nikmat, jeruk nipis juga mampu mengawetkan minuman tersebut dalam beberapa hari ke depan.


Jeruk bipis atau limau nipis adalah tumbuhan sejenis perdu yang bisa menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini yang paling populer dimanfaatkan adalah buahnya.

Buahnya yang pada umumnya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6cm dan memiliki rasa asam dan agak pahit. Rasanya mirip sekali dengan buah melon.






Jeruk nipis memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, apa sajakah itu?

1. Buah rendah kalori.

Karenanya cocok dibuat diet rendah lemak. Untuk semua alasan, jeruk nipis manis adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin timbunan lemaknya cepat terkikis.
2. Kaya kandungan vitamin.

Kandungan vitamin C-nya sekitar 50 mg. Jadi jangan khawatir dalam memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Cukup mengonsumsi jeruk nipis saja.


3. Sumber mineral.

Kandungan kaliumnya tinggi sekitar 490 mg dalam satu porsi. Selain kalium, juga mengandung tembaga, kalsium, besi serta fosfor yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C-nya bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.





5. Membantu melancarkan pencernaan.

Mengandung flavonid yang meningkatkan produksi empedu, asam dan cairan pencernaan.

6. Mengatasi masalah sembelit.

Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus sehingga bisa menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.

7. Pembersih alami.

Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dari racun.

8. Mencerahkan kulit.

Karena kandungan antioksidannya bisa membuat kulit awet muda.

9. Melawan penuaan.

Antioksidan alami dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.


10. Menurunkan berat badan.

Selain memberikan rasa kenyang, juga membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat di dalamnya.

11. Membakar lemak.

Kandungan vitamin C sangat membantu membakar atau metabolisme lemak tubuh.

12. Menjaga kadar gula darah.

Jeruk nipis mempu menjaga kadar gula darah tubuh yang ana hal ini sangat berguna untuk kesehatan secara keseluruhan. Kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan diabetes.

Hal ini bisa dilakukan jeruk nipis dengan cara mengurangi penyerapan gula darah dari makanan. Yang perlu diketahui adalah dengan berkurangnya serapan gula darah ini akan membuat rasa lapar berkurang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Khasiat Luar Biasa dari Jeruk Nipis"

Post a Comment

Labels