Waspadai Sinar Ultraviolet Sebabkan Katarak

Penyakit katarak itu bukan saja penyakit yang bisa timbul karena faktor usia saja. Namun paparan sinar ultraviolet juga bisa jadi pemicunya.

Sinar ultraviolet (UV) juga bisa menyebabkan katarak. Dalam kelopak mata, sebenarnya ada kulit yang tipis. Sehingga ketika mata terlalu banyak terpapar oleh sinar UV, bisa tembus hingga menimbulkan kekeruhan dan merusak sistem saraf pada retina mata.


Akibatnya, metabolisme mata menjadi terganggu. Metabolisme mata serupa dengan bagian tubuh yang lain. Bisa saja rusak jika mengalami gangguan dari luar, termasuk kita terlalu sering mengucek mata.

Orang-orang yang berada di lingkungan yang terpapar sinar UV terlalu lama, reaksi pertama yang timbul adalah mata akan terasa gatal-gatal.





Faktor Penyebab


Bisa saja karena mata kemasukan debu, karena dalam situasi panas, sedangkan cairan mata berkurang. Sehingga sangat tidak disarankan terlalu terburu-buru mengucek mata saat mengalami gatal.

Sebenarnya paparan sinar UV terhadap mata tergantung dari beberapa faktor, yaitu pantulan atmosfir dan kesehatan mata itu sendiri.


Karena tipologi geografis negara Indonesia berada pada lintasan katulistiwa, memiliki musim panas yang panjang maka kita harus lebih hati-hati menjaga resiko sinar UV terhadap kesehatanan mata.

Bukan hanya paparan sinar UV dari matahari yang memiliki faktor resiko katarak, tapi juga pantulan yang ditimbulkannya. Cahaya matahari yang dipantulkan pada mata oleh benda sekitar masih memiliki bawaan sinar UV, meski tak sebesar paparan langsung.

Oleh karena itu, disarankan melakukan beberapa tips agar kita bisa mengendalikan resiko tersebut.





Antisipasi


Saat kita berada di lingkungan terbuka yang dalam situasi panas, kita sebaiknya menggunakan kacamata UV protection yang baik. Hal tersebut disarankan agar mata tidak langsung mendapat kontak dengan sinar UV yang dibawa matahari.

Bisa juga antisipasinya dengan membaya payung pada saat panas berlangsung di luar ruangan. Payung juga bisa menjadi salah satu alternatif agar mata kita lebih terjamin dari kontak langsung dengan sinar UV.

Sedangkan aktivitas yang bisa mengurangi dan mengendalikan paparan sinar UV adalah dengan menghindari terlalu lama di luar rumah selama 4 jam pada waktu siang hari di bawah pukul 14.00 WIB.

Paparan sinar UV yang tertinggi adalah pada pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Waspadai Sinar Ultraviolet Sebabkan Katarak"

  1. masalahnya..skrang banyak beredar kacamatan UV yang abal-abal, bukannya menjaga agar mata tetap sehat..malahan mata jadi tambah sakit,,,

    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar-Banjarbaru :-)

    ReplyDelete