Pertolongan Pertama Hepatitis Pada Anak

Hepatitis merupakan suatu penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan hati. Dan pada umumnya, hepatitis yang menyerang anak-anak adalah jenis hepatitis A.

Virus hepatitis A termasuk famili dari picornaviridae genus hepatovirus yang merupakan virus positif. Virus jenis ini bisa ditemukan pada ninja.

Sementara, virus hepatitis sendiri terbagi menjadi hepatitis A, B, C, D, E, G.

Penyebab


Masa pencapaian virus melalui tinja berkisar antara satu atau dua minggu, sebelum akhirnya mengalami gejalanya. Yang paling umum penularan hepatitis A ini disebabkan karena adanya :

1. Pencemaran air minum.

2. Makanan yang tidak dimasak.

3. Makanan tercemar.

4. Tingkat higienisnya akan rendah.

5. Sanitasi yang buruk.
Masa inkubasi virus hepatitis A adalah 15 sampai 50 hari. Dimana virus ini akan menyerang dan menyebabkan timbulnya gejala disfungsi hati pada anak.

Penularan


Untuk penularannya sendiri, infektivitas virus hepatitis A maksimum terjadi pada hari terakhir dari separuh masa inkubasi hingga terus berlanjut menular ke anggota yang lain.

Data riset telah mengungkapkan bahwa sebagian besar kasus, kemungkinan tidak menular yaitu pada minggu pertama setelah terjadi tanda kulit dan mata menuning (ikterus).




Gejala


Semua anak, rentan terhadap infeksi. Namun, pada anak jarang menunjukkan gejala klinis di awal-awal infeksi. Lalu seperti apa gejala-gejalanya?

Ketika anak sudah terinfeksi atau tertular hepatitis A, maka tubuhnya akan terasa demam. Kondisi fisik juga mulai terlihat menjadi lemas.

Sesekali, anak akan merasakan pusing dan mual. Perlahan, kesadaran anak akan berkurang hingga menyebabkan kejang. Pada kondisi ini disebut dengan "malaise (lemah,lesu)", anoreksia dan gangguan abdominal serta ikterus.

Sebenarnya, gejala-gejala tersebut bukan dikarenakan adanya serangan dari virusnya. Tetapi karena adanya respon imun tubuh untuk mengeluarkan virus yang terdapat pada sel hati.




Jika tidak segera dikeluarkan, maka akan bisa merusak fungsi hati.

Dengan gejala tersebut, malah daya tahan tubuh bekerja dengan baik. Yang sulit dideteksi pada bayi. Karena sistem imunnya belum begitu cepat untuk meresponnya.

Penanganan


Bagi orangtua harus segera tanggap ketika anaknya mengalami gejala-gejala di atas. Usahakan tidak memberikan obat yang sembarangan ketika anak sakit. Karena, penyakit hepatitis ini tak begitu saja disembuhkan dengan memberi obat yang terdapat di pasaran.

Pananganan Pertama.

Ketika anak sudah mengalami gejala di atas, maka sebaiknya orangtua memulihkan daya tahan tubuh anak dengan memberinya makan yang cukup.

Hal ini untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar kuat mengeluarkan virus yang terdapat pada hati. Mengisolasi anak juga perlu dilakukan ketika anak sudah positif terinfeksi atau tertular.

Yang paling utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang bergizi. Kemudian juga disinfeksi serentak terhadap bekas cairan tubuh dari penderita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama Hepatitis Pada Anak"

Post a Comment

Labels