Nilai Normal Kolesterol Total Dalam Tubuh

Kolesterol sendiri itu sebenarnya adalah suatu bahan lemak yang terjadi secara alamiah dalam tubuh manusia yang lazimnya terdapat pada dinding bagian dalam sel tubuh dan jaringan, derta dibutuhkan dalam pembentukan hormon.

Namun apabila kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, maka kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran darah dan dapat memicu terjadinya serangan jantung maupun stroke.

Stroke adalah salah satu ancaman yang menjadi momok karena pemicunya dua penyakit di atas, akaibat yang ditimbulkannya bisa membuat seseorang menjadi lumpuh.


Kolesterol sebenarnya lemak tubuh yang diproduksi oleh hati. Kadar kolesterol total, normalnya kurang dari 200 mg/dl. Sedangkan kalau antara 200 - 239 mg/dl dan berbahaya jika melebihi 240 mg/dl.

Kolesterol ada dua macan yakni koleterol baik HDL dan kolesterol jahat LDL.

Kolesterol jahat itu, yang diinginkan adalah kurang dari 130 mg/dl, diwaspadai pada 130-139 mg/dl dan berbahaya jika melebihi 160 mg/dl.




Kolestertol baik atau HDL nilai yang diinginkan adalah kurang dari 45 mg/dl, waspada antara range 35-45mg/dl dan berbahaya jika nilainya kurang dari 35 mg/dl.

Kolesterol tidak langsung naik begitu saja, namun secara bertahap melalui proses. Selain dada karena diproduksi oleh tubuh, juga dari makanan yang kita bahan.

Makanan harus dijaga, makan makanan yang berjenis karbohidrat kompleks seperti:
  1. Oatmeal.
  2. Beras merah.
  3. Roti gandum




Gejala Kolesterol


Makanan yang berasal dari hewan, bahan yang digoreng dengan minyak jenuh serta masak dengan santan.

Gejala kolesterol yang terlihat:
  • Leher kaku.
  • Sakit kepala.
  • Badan tak nyaman.
  • Pemeriksaan lab.
Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nilai Normal Kolesterol Total Dalam Tubuh"

Post a Comment