Mengenal 5 Manfaat Mencuci Hidung

Hidung adalah organ penciuman yang berfungsi sebagai jalan utama yang dilalui udara masuk dan keluar dari paru-paru. Selain itu, hidung juga bisa menghangatkan, melembabkan dan juga membersihkan udara yang dihirup sebelum asuk ke paru-paru.

Menjaga kebersihan dan kesehatan hidung dapat dilakukan dengan cara cuci hidung. Paling tidak dilakukan sehari sekali sebelum berangkat ke peraduan.

Mencuci hidung dapat dilakukan mulai dari anak-anak terutama bagi mereka yang mengerti instruksinya serta tak lupa pula buat orang yang sudah dewasa.
'
Secara umum, hidung adalah pintu utama saluran pernapasan yang juga berfungsi sebagai penyaring udara dan mencegah partikel-partikel yang berbahaya masuk ke paru-paru.

Hidung memiliki lapisan yang terdiri dari rambut-rambut halus dengan cairan di permukaannya yang disebut dengan lapisan mukosilia.

Lapisan mukosilia inilah yang berfungsi untuk menjaga udara yang masuk melalui hidung selalu bersih.





Oleh karena itu, hidung juga perlu dibersihkan setiap hari agar tetap terjaga penyaringan udaranya. Lalu apakah ada manfaat lain dari membersihkan hidung tersebut.

1. Membantu membersihkan hidung dari polutan dan debu.

2. Melembabkan mukosa hidung.




3. Meningkatkan kemampuan fungsi mukosilia hidung.

4. Mencegah infeksi hidung.

5. Mencegah penumpukan lendir pada hidung.

Itulah manfaat dari membersihkan hidung yang bisa kita ketahui.

Adapun cairan yang digunakan untuk mencuci hidung adalah larutan garam (NaCl) yang isotonis dan fisiologis. Larutan ini aman digunakan karena tidak merusak lapisan mukosa hidung.

Biasanya tersedia di apotik-apotik dalam bentuk semprotan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 5 Manfaat Mencuci Hidung"

Post a Comment