Dampak Kurang Serat Bagi Wanita Hamil

Kekurangan serat dapat mempengaruhi metabolisme tubuh khususnya pada pencernaan. Misalnya saja adalah gangguan sembelit yang kerap muncul dirasakan oleh wanita hamil.

Sedangkan resiko yang lebih serius adalah dengan makin bertambahnya berat badan yang tak terkontrol. Berat badan yang tidak terkontrol ini cukup berbahaya pada saat proses persalinan.

Serat sangat membantu sistem pencernaaan, bukan saja untuk wanita hamil, namun untuk semua golongan usia. Serat sangat baik untuk mengontrol kolesterol dan lemak.

Biasanya gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah preeklamsia. Preeklamsia adalah kondisi tekanan yang tinggi dan kondisi ini sering dialami oleh wanita hamil.


Dengan pemenuhan serat yang cukup bagi tubuh pada saat hamil terbukti efektif menghindari resiko serangan preeklamsia ini. Manfaatnya juga baik untuk mencegah resiko.

Serat juga bermanfaat membantu tubuh dalam mengatur kadar gula. Wanita hamil yang kadar gulanya bisa terkontrol dengan baik, akan lebih terhindar dari resiko diabetes.




Serat sangat baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil serta membantu menghadapi persalinan nantinya. Oleh karena itu, banyak dokter kandungan yang menyarankan agar memenuhi kebutuhan serat ini.

Camilan Buah


Serat banyak dikandung dari makanan seperti buah dan jenis karbohidrat. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi nasi karena tidak cukup baik bagi wanita hamil.

Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes melitus. Buah tidak cukup berbahaya bagi penderita diabetes melitus sekalipun itu manis rasanya.

Karena jenis manis yang dikandung buah merupakan manisb alami bukan buatan. Sangat disarankan untuk mengganti camilan dengan camilan buah.





Adapun jenis buah yang memiliki serat tinggi antara lain adalah:

1. Apel.
2. Alpukat.
3. Pepaya.
4. Jambu merah.
5. Pisang.

Sedangkan cara mengonsumsinya bisa dengan cara apapun, bisa dijus maupun dimakan langsung. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi sayur pada makan besar terutama untuk sayuran yang masih segar.

Kebutuhan Serat pada Wanita Hamil


Kebutuhan tubuh wanita hamil akan serat adlah sebagai berikut.

Untuk tiga bulan pertama kehamilan atau trimester pertama = 21 gram per hari. Sedangkan untuk selanjutnya justru lebih besar lagi sebesar 25 hingga 35 gram per hari.

Ada batasan mengonsumsi serat, tak boleh lebih dari 35 gram per hari. Jangan lupa pula olahraga secara rutin meskipun hanya berjalan kaki mengelilingi halaman rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Kurang Serat Bagi Wanita Hamil"

Post a Comment