8 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah serta daun asam jawa sebenarnya cukup banyak bagi kesehatan manusia. Namun kebanyakan jarang mengetahui faedahnya.

Asam Jawa adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Pohon asam merupakan anggota dari keluarga fabaceae, dengan nama ilmiah "tamarindus indica"

Pohon asam jawa adalah tanaman dari daerah tropis Afrika terutama Sudan. Namun karena budidaya, kini telah menyebar ke hampir seluruh wilayah tropis.


Asam ini bisa dikonsumsi saat mentah, kemudian bisa ditambahkan sebagai makanan penutup setelah dimasak. Bisa juga dikeringkan dan digiling menjadi bumbu.

Asam sering digunakan untuk bahan selai dan saus. Manfaat asam jawa sebagai tanaman herbal ini sudah dikenal sejak lama sekali.

8 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan


1. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena tingginya kadar vitamin C serta efek ntioksidannya, membuat asam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jangka panjang dari ancaman infeksi mikroba dan jamur.





2. Memperbaiki fungsi syaraf.

Vitamin B1 ataupun tiaminnya yang tinggi, bisa meningkatkan fungsi saraf serta perkembangan otot. Sehingga akan membuat Anda tetap aktif dan menjaga refleksi Anda.

3. Menurunkan berat badan.

Senyawa hydroxy citric acid di dalamnya buah jawa mampu menurunkan berat badan dengan cara menghambat enzim tubuh secara khusus membantu menyimpan lemak.

4. Kesehatan jantung.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asam jawa telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah. Kandungan serat di dalamnya diyakini memerangi kolesterol jahat.




5. Menstabilkan sirkulasi oksigen dalam tubuh.

Asam jawa merupakan sumber zat besi yang baik.asokan zat besi yang sehat dapat menjamin jumlah sel dalam tubuh dan hal ini juga menjamin sirkulasi oksigen pada otot-otot dan organ lain yang membutuhkan bisa bekerja engan baik.

6. Mengontrol gula darah.

Peran asam jawa dalam hal ini adalah membantu memantau dan mengendalikan fluktuasi yang biasa terjadi.

7. Anti Inflamasi.

Mengurangi rasa nyeri sendi, peradangan dan sebagainya.

8. Untuk kesehatan pencernaan.

Obat pencahar yang alami. Bagi Anda yang sedang menderita sembelit, maka asam jawa bisa dipetimbangkan untuk dikonsumsi. Bahkan beberapa penelitian asam jawa efektif mengatasi diare kronis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Khasiat Asam Jawa untuk Kesehatan"

Post a Comment