3 Tindakan Hadapi Serangan Jantung Koroner

Sudah sejak 10 tahun yang silam, serangan jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia bahkan di dunia. Data WHO tahun 2005 menyebutkan ada sekitar 17,5 juta atau berkisar 30 persen kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Dan yang 60 persennya adalah diakibatkan oleh penyakit jantung koroner.

Maka dari itu, siapapun Anda, segeralah waspada akan penyakit jantung koroner. Tak peduli berapapun usianya, terutama mereka yang memiliki faktor resiko.

Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Begitu besarnya fungsi organ yang satu ini, sehingga kalau sedang mengalami masalha, nyawa taruhannya.

Serangan jantung sifatnya silent killer, terjadi secara tiba-tiba dan mendadak. Bisa terjadi dimana saja serta kapanpun. Dan alangkah baiknya kita mengetahui tindakan-tindakan yang harus diambil ketika seseorang terkena serangan jantung.






3 Tindakan Hadapi Serangan Jantung Koroner


Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan apabila kita mengalami serangan jantung.

1. Jangan tunda.

Ketika Anda merasakan dada sesak seperti masuk angin di beberapa bagian tubuh selama 30 menit yang disertai keluarnya keringat dingin dan muntah, bisa jadi Anda terkena serangan jantung.

Segera bawa ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap. Jangan sampai menunda dan menganggap bahwa sakit yang dirasakan hanya masuk angin biasa. Bisa saja itu proses penyempitan pembuluh darah koroner yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.






2. Hubungi rumah sakit.

Bila Anda memiliki faktor resiko penyakit jantung dan tiba-tiba di perjalanan mengalami srangan jantung, maka segeralah menghubungi rumah sakit yang menyediakan obat trombolisis atau alat pemasangan cincin di pembuluh darah.

Setelah itu, mintalah ambulans dari rumah sakit tersebut untuk menjemput Anda.

3. Sediakan aspirin.

Seseorang yang mengalami serangan jantung, hanya memiliki waktu sekitar 10 menit untuk menyelamatkan hidupnya sendiri. Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki faktor pemicu atau faktor resiko terkena serangan jantung, sediakan selalu obat aspirin di dalam tas.

Pertolongan pertama bagi orang yang mengalami serangan jantung dadakan adalah dengan mengunyah aspirin. Obat ini dapat mengencerkan darah yang menggumpal sehingga bisa masuk dan mensuplai otot jantung yang memerlukan darah.

Agar mudah dicerna, sebaiknya aspirin dikunyah karena kalau sudah menjadi serbuk, maka obat akan langsung bekerja dan menghancurkan sumbatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tindakan Hadapi Serangan Jantung Koroner"

Post a Comment