Tanda-Tanda Anak Terkena Mata Minus Miopia

Mata minus atau rabun jauh secara medis dikenal sebagai istilah miopia. Miopia adalah gangguan penglihatan yang membuat penderitanya tak bisa melihat dengan baik obyek yang jauh, namun masih bisa melihat obyek dekat seperti membaca.

Seseorang yang sudah terkena miopia, maka dia harus memakai kacamata sebagai alat bantu untuk melihat obyek jauh dengan jauh semisal memabaca tulisan di papan tulis.

Kalau tidak berkacamata, pasti lama kelamaan akan semakin besar nilai minusnya. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada diri buah hati kita semua.

Faktor


Miopia disebabkan oleh dua faktor, yaitu:
1. Faktor genetika.
2. Faktor gaya hidup.

Itu artinya, seorang anak yang memiliki orangtua berkacamata, untuk menghindari anak berkacamata, harus mempunyai gaya hidup yang sehat. Misalnya saja melihat TV dengan pencahayaan cukup. Meski kemungkinannya sangatlah kecil.

Namun jika sekali dua kali dilanggat, maka akibatnya akan bisa mengikuti orangtuanya, yakni berkcamata.

Pada faktor genetik, terjadi ketika orangtuanya yang lebih dulu terkena miopi dan akhirnya menurun kepada anaknya. Juga termasuk pola hidup.

Anak yang selalu menghadap komputer berjam-jam, sering membaca di tempat yang kurang cahaya atau membaca sambil tiduran bisa jadi kemungkinan terkena miopia besar.

5 Tips Agar Mata Minus Tak Bertambah Terus





Tanda-tanda


Sebenarnya saat anak usia dini sudah bisa dideteksi miopia ini. Orangtua setidaknya dalam beberapa bulan bisa mengamati anak-anaknya terutama di penglihatan mereka.




1. Kok melihat TV terlalu dekat.
2. Membaca sambil tiduran.
3. Menyipitkan mata ketika melihat benda yang jauh.

Sebagai orang tua, seharusnya sudah bisa sejak dini mencegah anak terkena miopia ini. Namun kalau sudah ada tanda-tanda di atas, harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Karena belum tentu kedua matanya terkena miopia, mungkin hanya yang sebelah saja. Ketika sudah terjadi miopia ini, anak jangan sampai dimarahi ya.



Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda-Tanda Anak Terkena Mata Minus Miopia"

Post a Comment

Labels