Aktivitas Janin Selama 40 Minggu Dalam Kandungan

Seorang ibu yang bisa merasakan gerakan janin di perutnya, merupakan suatu pengalaman yang sangat istimewa. Meskipun gerakan janin tersebut seakan seperti perut tertarik.

Bahkan banyak ibu hamil yang merasakan sedikit ngilu.

Namun walaupun demikian, rasa gembira muncul karena berarti janinnya sedang tumbuh dan mengalami perkembangan dengan baik. Namun bisa juga sedang mengalamni gangguan.

Dengan kata lain, boleh dibilang, gerakan janin dapat membantu ibu hamil dalam berinteraksi serta merasa lebih dekat dengan kehidupan si kecil ini.

Kapan Janin Mulai Bergerak


Jika dilihat melalui USG, janin sudah mulai tampak bergerak pada usia 8-9 minggu, dan akan semakin jelas gerakannya mulai pada usia 10 minggu meskipun ibu hamil belum bisa merasakannya.

Pada umumnya ibu hamil bisa merasakan gerakan janin mulai usia 20 minggu, pada kehamilan anak pertama. Tapi kalau untuk kehamilan kedua dan seterusnya bisa lebih awal yakni sekitar 18 atau 19 minggu.




Aktivitas Janin Dalam Kandungan


1. Minggu 16 sampai 20 - Bergetar.

Pada minggu 16, ibu hamil mulai dapat merasakan gerakan janin seperti getaran dan denyutan lembut. Pada tahap ini disebut dengan fase quickening.

2. Minggu 21 sampai 24 - Aktivitas meningkat.

Aktivitas janin makin meningkat. Dia banyak menendan dan jungkir balik karena volume air ketuban masih banyak sehingga memungkinkan untuk bergerak leluasa.






3. Minggu 25 sampai 28 - Janin cegukan.

Janin mulai cegukan. Inilah yang menyebabkan ibu hamil merasakan sensasi seperti tersentak-sentak.Dia juga akan merespon suara dari luar karena pendegarannya makin baik. Kadang janin juga akan kaget ketika mendengar suara yang keras.

4. Minggu 29 sampai 31 - Gerakan makin kuat namun terkendali.

Gerakan janin akan semakin kuat, teratur dan terkendali. Terkadang ibu hamil merasakan seperti terjadi kontraksi rahim.

5. Minggu 32 sampai 35 - Puncak aktivitas janin.

Inilah puncak dari aktivitas janin. Dalam inggu-minggu ini, ibu hamil akan merasakan peningkatan frekuensi dan tipe gerakan janin karena dia semakin besar dan kuat.

6. Minggu 39 sampai 40 - Janin mulai bisa menonjok.

Ukuran janin akan semakin membesar dan oleh karena terbatasnya ruang gerak, makan frekuensi memutar janin berkurang.

Pada minggu-minggu ini, jangan kaget kalau merasakan gerakan kencang. Bisa jadi janin ketika itu sedang mengisap jempolnya kemudian terlepas. Seketika itu, janin akan beraktivitas memutar kepalanya untuk mencari jempolnya tadi dengan gerakan yang kuat dan cepatnya.

Gerakan utama yang dirasakan pada minggu-minggu ini adalah tonjokan tangan atau tendangan kaki janin yang mungkin akan menyakitkan tulang rusuk.



Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aktivitas Janin Selama 40 Minggu Dalam Kandungan"

Post a Comment

Labels