3 Cara Jitu Menyamarkan Stretch Mark

Stretch Mark? Apalagi itu, kok istilahnya sangat asing sekali di telinga orang Indonesia? Memang berasal dari bahasa asing. Stretch mark adalah garis putih kecoklatan yang ada di bagian tubuh tertentu.

Stretch mark ini diakibatkan oleh putusnya jaringan kulit akibat pelebaran karingan kulit yang melebihi batas semestinya.

Stretch mark kerap kali muncul pada bagian perut, paha, lengan atas dan pantat. Wanita lebih rentan memiliki stretch mark daripada pria. Pasalnya, wanita memiliki kesempatan untuk hamil dan melahirkan beberapa kali dalam hidupnya.

Namun tak menutup kemungkinan, pada pria pun bisa memiliki stretch mark pada kulitnya.

Penyebab


Stretch biasanya disebabkan karena perubahan bentuk tubuh dari gemuk sekali menjadi kurus. Bak yang namanya balon, pada saat ditiup, kemudian kita membuat goresan, saat kempis pun maka goresan tersebut tetap akan terlihat.


Stretch mark diawali dengan warna kemerahan, kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi putih kecoklatan hingga kehitaman. Pada tahap awal, stretch lebih mudah dipudarkan. Tapi kalau sudah lama, maka akan lebih sulit pudarnya.

Biasanya sangat akrab terjadi pada wanita yang baru saja melahirkan. Bisa dilakukan treatment ketika sudah habis masa nifas. Namun tidak bisa dihilangkan 100%, namun dapat dipudarkan hingga 50%-70% saja.




Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menyamarkan stretch mark ini.

3 Cara Jitu Menyamarkan Stretch Mark


1. Salep.

Yang pertama adalah dengan menggunakan salep khusus yang bisa menyamarkan stretch. Ada beberapa merk yang sangat familier bisa didapatkan dan itu sangat rekomended banget.

Salep ini biasanya mengandung vitamin A dan turunannya seperti retinoid dan retinol yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru.





Untuk salep ini, bisa dioleskan di bagian-bagian yang terdapat stretch mark. Memang pemakaiannya harus sabar dan rutin.

2. Laser.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan terapi laser. Fungsinya adalah untuk merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit. Sehingga dengan adanya kolagen, bantalan jaringan kulit yang terputus dapat tersamar lebih cepat.

Bersabar. Biasanya membutuhkan minimal 3 kali treatment dan mampu menyamarkan minimal 50%.

3. Microdermabrasi.

Yaitu treatment yang mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Seiring dengan produksi kolagen, maka akan bisa meminimalisir produk lemak yang berada di bawah jaringan kulit dan stretch mark pun dapat disamarkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Jitu Menyamarkan Stretch Mark"

Post a Comment

Labels