Nyeri Haid Dibedakan Menjadi 2 Macam

Banyak sekali gangguan yang kerapkali dialami oleh wanita setiap bulannya ketika akan dan sedang mengalami menstruasi. Sakit rasa pada daerah seputar perut, nyerinya tak tertahankan.

Perlu diketahui oleh para gadis muda yang belum atau menjelang ada tamu bulanan tentang nyeri haid yang ada.


Pada dasarnya, nyeri haid itu dapat dibedakan menjadi dua macam. Yang menjadi perbedaan diantara keduanya adalag apakah ada infeksi pelvis atau tidak.

Nyeri haid akan hilang dengan sendirinya meskipun tidak diobati karena haid adalah ciptaan Tuhan dan Tuhan akan memberikan kesembuhan terhadapnya.




Nyeri Haid Dibedakan Menjadi 2 Macam


Nyeri haid itu dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Nyeri haid primer.

2. Nyeri haid sekunder.

Nyeri haid primer adalah suatu nyeri yang terjadi pada saat haid, tanpa ada infeksi pada pelvis. Ia merupakan kolik pada bagian bawah perut yang terkadang menjalar hingga sampai pada selangkangan dan lutut.



Terkadang pula nyeri haid primer ini disertai dengan rasa mual dan muntah. Nyeri ini paling sering terjadi pada hari pertama haid dan akan berkurang berangsur-angsur hingga akhir haid.

Sedangkan nyeri haid sekunder adalah suatu rasa nyeri yang menyertai haid akibat adanya infeksi pelvis. Nyeri haid ini merupakan rasa nyeri di bagian bawah perut yang menjalar hingga daerah punggung.

Rasa sakit bermula sejak 3 hingga 5 hari sebelum haid akibat terjadinya sumbatan dan penumpukan darah. Rasas nyerinya akan semakin hebat pada 2 hari sebelum haid, kemudian berkurang secara bertahap ketika mulai haid.

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nyeri Haid Dibedakan Menjadi 2 Macam"

Post a Comment

Labels