Mari Deteksi Dini Kanker Getah Bening pada Anak

Salah satu dari delapan kanker mematikan yang menyerang anak adalah kanker getah bening. Namun jangan terburu-buru merasa khawatir, karena kalau bisa mendeteksi gejalanya sedini mungkin, maka kanker getah bening akan segera bisa ditangani.

Menjaga kesehatan buah hati tentu merupakan sudah menjadi prioritas bagi setiap orang tua. Data dunia menunjukkan bahwa sekitar sepuluh persen kematian anak disebabkan oleh kanker. Dan salah satunya adalah kanker getah bening.

Kanker getah bening adalah suatu penyakit keganasan pada kelenjar getah bening. Hebatnya, kanker ini bisa menyerang siapa saja dan pada usia berapa pun. Tak terkecuali menyerang anak-anak.

Sayang beribu sayang, penyebab dari penyakit ini masih belum diketahui dengan pasti. Hanya saja, ada faktor resiko yang patut diwaspadai oleh semua orang.


Ada juga artis ibukota yang meninggal karena penyakit kelenjar getah bening hanya karena terlambat untuk memeriksakan diri dan berobat ke dokter.

Kenali Gejalanya


Gejala yang paling sering ditemukan adalah adanya pembesaran di kelenjar getah bening yang ada di seluruh tubuh. Maka berhati-hatilah jika ada benjolan di area leher, bawah rahang, ketiak maupun selangkangan.

Biasanya pembengkakan berupa benjolan berada di daerah limpatik.

Getah bening biasanya memiliki konsentrasi lebih tinggi di area leher, ketiak dan pangkal paha. Seseorang harus rajin memeriksa secara berkala pada area tersebut apakah ada benjolan atau tidak.

Cara Memeriksa


Cara memeriksa yang paling mudah adalah dengan cara meraba. Rapatkan tiga jari Anda di area kelenjar getah bening, kemudian tekan secara perlahan-lahan, jangan sampa anak merasa kesakitan. Jika ada benjolan, jangan tunda lagi, segera periksakan ke dokter secepatnya.





Periksa Ketiak.

Khusus di area ketiak, Anda dapat melakukan pemeriksaan dengan cara menempelkan jari di ketiak dan geser turun beberapa sentimeter. Kelenjar getah beningnya berada di bawah ketiak anak, dekat dengan tulang rusuk.

Pastikan anak Anda tidak merasakan sakit akibat tekanan jemari Anda. Apakah ada benjolannya? Benjolan akan terasa sakit pada saat ditekan dengan jari.

Periksa Rahang dan Ketiak.

Lakukan juga pemeriksaan di area rahang dan leher. Caranya dengan menggunkan tiga jari Anda, tempelkan di bagian belakang telinga buah hati Anda.

Lanjutkan ke bagian bawah sisi leher dan ke bawah garis rahang. Jika merasakan benjolan yang lembut, memungkinkan buah hati Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.



Jika Anda menemukan benjolan di area leher atau rahang, kemudian merasa tenggorokannya penuh serta mengalami kesulitan dalam menelan, maka tekanlah jari-jari ke dalam lipatan dan rasakan otot, tulang dan lemak di bawahnya.

Jika ada benjolan, mungkin saja terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.

Jangan Pernah Abaikan


Pada saat menemukan benjolan sekecil apapun itu, Anda haruslah waspada karena kelenjar getah bening kalau mengalami bengkak biasanya hanya sebesar kacang polong saja.

Serangan penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika ditemukannya sudah pada stadium lanjut. Sedangkan untuk pencegahan penyakit ini, maka terapkanlah pola hidup sehat.

Jalan satu-satunya untuk pencegahan taitu berikan makanan sehat pada anak, biasakan agar anak hidup sehat serta jauhkan anak dari polusi.

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari Deteksi Dini Kanker Getah Bening pada Anak"

Post a Comment

Labels