Kenali Gejala Alergi Buah pada Anak

Buah-buahan memang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi anak. Namun hati-hatilah jika si kecil muntah setelah mengonsumsi buah.

Karena bisa jadi, si kecil mengalami alergi buah. Meskipoun gejalanya sangat mudah dikenali, namun masih harus dicari ketepatannya apakah itu benar-benar alergi atau bukan.


Itu artinya, buah-buahan belum tentu aman buat si kecil, karena maklum saja karena lambungnya masih perlu ada perkembangan, struktur tubuhnya juga masih belum sempurna betul.

Meskipun kasus seperti ini tak banyak ditemui, tapi buah juga bisa menjadi alergi bagi anak-anak.

Biasanya, kondisi alergi itu sudah bisa dideteksi sejak awal mula perkenalan anak pada jenis-jenis makanan selain ASI. Kira-kira ketika anak berumur enam bulan setelah mendapatkan makanan tambahan.




Pada umumnya, bentuk reaksi yang ditimbulkan oleh alergi buah mudah dikenali, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Gatal-gatal di daerah mulut.
  • Timbul merah di sekitar mulut.
  • Ada kalanya bibir dan lidah serta kelopak mata memerah bengkak.
  • Terkadang muncul sesak nafas.
  • Diare.
  • Muntah.

Sesak nafas pada anak yang alergi buah ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pada daerah tenggorokannya.

Agar mudah mengetahui apakah anak sedang mengalami alergi buah, sebaiknya sejak perkenalan pada jenis makanan selain ASI sudah mulai diamati secara seksama oleh orang tua.




Cara untuk melakukan pengamatan secara seksama adalah dengan cara memberikan satu jenis makanan buah berturut-turut selama empat hari tanpa dicampur makanan lain.

Kalau sudah usia enam bulan dan anak sudah diperkenalkan denan makanan baru, semisal pisang, jangan dicampur makanan lain dulu. Setelah dicoba beri pisang tidak menimbulkan reaksi, berarti lolos.

Kemudian dicoba dengan buah yang lain.

Semakin tua usia anak, maka akan semakin bervariasi buah yang bisa dikonsumsi oleh anak. Anak yang mengalami alergi buah, tak semua jenis buah menimbulkan alergi. Hanya satu macam saja yang bisa menyebabkannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Gejala Alergi Buah pada Anak"

Post a Comment