Deteksi Dini Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih sering disebut dengan ISK. Bisa juga dokter bilang ini adalah sakit infeksi saluran kencing. Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan sering menahan air kencing, duduk terlalu lama serta kurang minum air putih, maka siap-siap saja mengalami sakit infeksi saluran kencing.

Gejala ISK bisa diawali dengan adanya rasa sakit pada saat kencing, demam yang tinggi hingga mudah merasa lelah. Untuk itulah menjaga kebersihan organ intim akan membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Seseorang yang sedang terkena ISK mudah dikenali dengan tanda-tanda intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal tersebut terjadi karena adanya penyempitan kantong kemih yang disebabkan oleh pembengkakan akibat adanya infeksi bakteri.

Biasanya baru saja buang air kecil tapi sudah kebelet pipis lagi.

Gejala Infeksi Saluran Kemih


Selain gejala yang umum tersebut, gejala lain yang bisa langsung kita tangkap adalah raa sakit saat buang air kecil. Pada saluran kemih kita dirasa panas atau sakit.

Sedangkan gejala yang lebih parah lagi adalah kita akan melihat adanya darah atau nanah pada air kencing kita. Itu sebabnya, bakteri yang menginfeksi kita semakin parah menyerang.




Adapun gejala serius yang sifatnya komplikasi adalah ketika infeksinya sudah menyerang ginjal. Penderitanya akan merasakan demam tinggi serta mudah lelah. Bahkan ketika semakin parah, saluran kemih bagian atas terinfeksi.

Rasa sakit di daerah punggung bawah dan pangkal paha akan tampak sebagai gejala. Dalam beberapa kasus, penderita infeksi saluran kemih bisa mengalami sakit perut yang parah sampai terasa kram.

Kurang Menjaga Kebersihan


Jenis bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi saluran kemih bernama E Coli. Bakteri ini biasanya ada di area dubur, tempat buang air besar.

Pada saat kita kurang bersih usai buang air besar, jenis bakteri ini akan betah tinggal. Dan wanita lebih mudah diserang ketimbang laki-laki karena anatominya.




Sebaiknya pastikan terlebih daulu membilas setelah buang air dengan bersih karena menjaga kebersihan adalah hal utama terjadinya penyakit ini.

Selain itu, kandung kemih kita memiliki keterbatasan untuk menampung kemih kita. Ketika kita terlalu lama menahan kencing, maka otomatis justru akan merusak kandung kemih kita sendiri.

Terlalu banyak dudk juga tak baik karena bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan ada hubungannnya dengan kesehatan ginjal. Karena ginjal termasuk juga bagian dari saluran kemih.

Bagaimana Mencegahnya?


Menjaga kebersihan organ buang air untuk mengantisipasi serangan infeksi saluran kemih yang sifatnya dari luar. Setelah selesai buang hajat, bersihkan dengan bersih.
Lazada Indonesia
Banyak minum air putih sangatlah dianjurkan. Dan usahakan jangan terlalu lama duduk karena menjadi faktor penentu kesehatan ginjal.

Jangan sampai kita menahan kencing karena bisa merusak kandung kemih kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Deteksi Dini Infeksi Saluran Kemih"

Post a Comment