Atasi Keluhan Perut Akibat Gas Berlebih

Pernahkah Anda merasakan sakit yang tiba-tiba saja nongol pada bagian perut sebelah atas yang rasanya seperti tertekan? Kondisi seperti ini orang awam menamakannya dengan "Sudukan" atau "Sunduk'en".

Biasanya kerapkali terjadi ketika kita setelah makan dan tiba-tiba perut terasa penuh hingga menekan ke bagian perut atas disertai rasa nyeri.

Sudukan adalah suatu keadaan di mana gas di dalam perut berlebihan dikarenakan makanan atau stres yang Anda alami. Gas yang berlebihan inilah yang akhirnya menekan hingga perasa terasa tak nyaman.
Sunduk'en atau sudukan ini termasuk keluhan perut yang akut.

Keluhan perut dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu keluhan perut kronis dan keluhan perut akut. Keluhan perut akut ini dikarenakan infeksi yang pada akhirnya bisa menyebabkan diare. Atau bisa juga dikarenakan gas yang ada di dalam pencernaan, hingga menyebabkan sudukan.

Penjelasan Medis


Penjelasan medis dari sudukan sendiri adalah proses biologis pencernan ketika ada makanan atau minuman tertentu yang masuk ke dalam perut dengan kandungan gas berlebihan.

Hal ini yang menyebabkan nyeri akut karena adanya gas berlebihan yang yang mengalami proses pencernaan. Jadi, sebenarnya itu adalah gejala normal dari proses pencernaan karena adanya gas berlebihan tadi.




Karena adanya gas berlebih ini, akhirnya gas tersebut terus menekan hingga ke bagian perut atas. Oleh karena itu, keluhan yang muncul kerap rasa nyeri atau tidak nyaman.

Faktor Penyebab


Adapun makanan atau minuman yang mengandung gas berlebih diantaranya adalah:

1. Minuman berkarbonisasi (soft drink, soda).

2. Kubis.

3. Bawang bombay.

4. Brokoli.

5. Kopi.

6. Teh yang pekat.




Selain itu, faktor lain yang bukan makanan atau minuman adalah stres. Biasanya ketika stres terjadi, Anda tidak akan merasa lapar. Perut rasanya tetap enuh.

Sensasi perut yang penuh ini sebenarnya dikarenakan produksi gas yang berlebih yang membuat Anda merasa kenyang meskipun tidak makan sama sekali.

Cukup Rileks Saja


Produksi gas sebenarnya hal yang wajar asalkan tidak berlebihan. Efeknya bahayanya hanya rasa nyeri, sakit dan tak nyaman di perut saja.

Biasanya gas yang menekan tersebut akan lari ke usus dan akhirnya dikeluarkan melalui buang gas. Atau bisa juga ditekan ke arah tenggorokan hingga terjadi sendawa.

Lazada Indonesia

Namun ada kalanya juga gas berlebih susah keluar dan akhirnya menimbulkan rasa tak nyaman yang tak kunjung hilang.

Jika sudah demikian, maka cukup rilekskan tubuh dan perut Anda. Di saat nyeri, otot di dalam perut terasa kram dan oleh karena itu, harus dibuat nyaman.

Anda bisa duduk setengah bersandar (bukan tidur), lalu lakukan pijatan lembut atau usapan di bagian perut agar ebih nyaman dan terasa hangat. Jika otot sudah rileks, maka gas akan keluar dengan sendirinya melai sendawa dan buang gas.

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Keluhan Perut Akibat Gas Berlebih"

Post a Comment