6 Pemicu Kenapa Wanita Sulit Hamil

Yang selama ini berharap dan mendambakan momongan namun belum juga ada tanda-tanda kehamilan, bisa jadi Anda termasuk salah satu orang di bawah ini.

Dari itu, cepat selesaikan permasalahan di bawah ini terlebih dahulu.

Penghalang memiliki momongan bagi pasangan yang sudah menikah sangatlah beragam adanya. Mulai dari gangguan kesehatan alat reproduksi, penyakit tertentu atau karena gaya hidup yang buruk dan sebagainya.




Dan tak sedikit pula yang menganggap susahnya memiliki momongan karena dari masalah istri saja. Padahal sebenarnya pihak suami juga memberikan andil yang besar.

Apa saja yang bisa menyebabkan serta menjadi pemicu tak kunjung hamil padahal sudah berusaha dengan keras.

Berikut 6 Pemicu Kenapa Wanita Sulit Hamil


1. Obesitas.

Kalau Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki kelebihan berat badan lebih, maka harus waspada karena kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab utama kenapa seorang ibu terasa sulit untuk mendapatkan kehamilan.

Kegemukan dapat mempengaruhi ovulasi dan kesuburan,sehingga menyebabkan perubahan pola hormonal yang normal. Kondisi seperti ini yang menyebabkan penurunan fungsi normal dari ovarium, akibatnya siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan mengganggu fase ovulasi normalnya.

2. Haid tidak teratur.

Siklus haid yang tidak teratur juga bisa menyebabkan seorang ibu susah untuk hamil. Hal ini disebabkan karena gangguan pematangan sel telur.

Kondisi ini terjadi karena gangguan pematangan sel telur tetap kecil, tidak ada yang berkembang menjadi besar dan matang untuk bisa dibuahi oleh sel sperma.

3. Alergi sperma.

Pada kondisi tertentu, sperma bisa dianggap sebagai benda asing oleh tubuh seorang ibu. Hal inilah yang disebut dengan alergi sperma.

Kondisi ini dapat terjadi apabila tubuh istri membentuk antibodi terhadap sperma suami. Sebenarnya setiap wanita akan membentuk antibodi ini, tapi tidak semuanya akan membentuk sistem imun dalam jumlah yang tinggi. Akibatnya sperma tidak bisa mencapai sel telur.

4. Ada sumbatan pada sel telur.

5. Gaya hidup.

Salah satu gaya hidup yang bisa menghambat kehamilan adalah merokok. Karena rokok dapat menambah resiko kemandulan dan disfungsi pada pria.

Kandungan nikotin dalam rokok membuat darah menjadi mengental sehingga tidak bisa beredar dengan lancar.

6. Faktor usia.






Pada seorang wanita, begitu memasuki usia 35 tahun biasanya kesuburan akan menurun dan akan semakin menurun drastis pada usia 37 tahun sampai akhirnya masuk pada masa menopause di atas 40-45 tahun.

Cadangan sel telur akan terus berkurang setiap kali wanita mengalami menstruasi dan lama kelamaan akan habis saat menopause.

Namun pada alasan faktor usia ini tidak akan membatasi tingkat kesuburan bagi seorang pria. Di mana pada pria akan terus menerus memproduksi sel-sel sperma selama anatominya normal.

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Pemicu Kenapa Wanita Sulit Hamil"

Post a Comment