3 Pertolongan Pertama Diare untuk Anak

Mengerikan, berdasarkan data dari WHO, penyakit diare ini adalah penyebab nomor satu kematian balita di seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, diare menjadi pembunuh balita nomor dua setelah ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas).

Mungkin saja selama ini kita menganggap masalah diare pada anak merupakan hal yang sepele dan bukan masalah yang serius.

Kebanyakan, kita akan menjadi merasa takut dengan penyakit berat seperti kanker, sakit jantung dan lain sebagainya. Padahal diare sama seriusnya dengan penyakit-penyakit lain.





Diare adalah penyebab utama kesakitan dan kematian mendadak pada anak di negara-negara berkembang.

Menurut laporan DepKes, Indonesia setiap anak mengalami diare berkisar 2 kali dalam setahun. Diare adalah penyebab penting kekurangan gizi. Hal ini disebabkan karena anak yang menderita diare, akan kehilangan nafsu makan sehingga makannya kurang bahkan tidak makan sama sekali.
Nah, sebagai orang tua, kita harus lebih waspada terhadap masalah diare pada si kecil. Jikalau terkena diare,da langkah-langkah yang bisa menyamankan anak.




3 Pertolongan Pertama Diare untuk Anak


1. Beri cairan lebih banyak.

Anak yang mengalami diare membutuhkan lebih banyak cairan dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang melalui tinja atau muntah. Bila diberikan cairan yang tepat dalam jumlah yang memadai, dehidrasi seringkali dapat dicegah. Cairan rumah tangga yang bisa diberikan adalah sup,SI, larutan gula dan oralit.

2. Berikan ASI atau susu formula.

ASI harus diberikan tanpa selingan. Susu formula atau susu sapi diberikan seperti biasa jika terjadi volume tinja yang keluar banyak dan kondisi anak memburuk.

Encerkan susu dengan air dalam jumlah yang sama dan ditambahkan gula sedikit untuk mempertahankan kandungan energi. Setelah itu berikan setiap 2-3 jam.
Lazada Indonesia
3. Beri makanan yang cukup.

Gunakan makanan seperti nasi, jagung dan kentang yang dimasak matang, atau bubur kental dan sup yang ditambahkan gula serta garam. Kandungan energi pokok dapat ditingkatkan dengan menambah 5-10 ml minyak kelapa sawit pada setiap 100 ml makanan.

Jika memungkinkan, berikan tahu, daging, atau ikan, kacang-kacangan dan sayur yang dimasak matang. Air kelapa hijau atau pisang dapat menambah kadar kalium dalam darah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Pertolongan Pertama Diare untuk Anak"

Post a Comment

Labels