10 Penyebab Keriput Dini dan Solusinya

Siapapun pastinya sangat ingin dibilang awet muda dan memiliki "baby face". Sebaliknya, akan sangat gundah gulana saat mengetahui penampilan kita terkesan lebih tua dari usia karena keriput yang datang sebelum waktunya.

Memang manusia akan semakin tua pasti akan keriput, tapi kalau belum waktunya, bisa-bisa jumpalitan ke sana kemari. Namun Anda tak perlu khawatir, karena dengan life style yang sehat dan perawatan rutin, keriput dini tersebut bisa dihalau.

Bagi seorang wanita, tampil cantik dengan wajah kencang akan menjadi impian. Namun pada sebagian, ada yang merasakan sebaliknya karena baru berumur 20 tahunan, kerut halus di mata sudah mulai nongol.

Kerutan yang biasanya datang setelah usia 30 menjelang 40, kini hadir lebih awal. Sebenarnya kenapa sampai terjadi keriput dini?

Kenapa Terjadi Keriput?


Tentu saja pertanyaan itu sering dilontarkan banyak orang. Keriput pada dasarnya terjadi karena kerusakan lapisan demis atau lapisan kedua. Di lapisan tersebut terdapat benang-benang kolagen dan elastin yang berfungsi untuk mempertahankan kekencangan kulit manusia.

Rusaknya bahan-bahan inilah yang menyebabkan timbulnya keriput di wajah. Akibatnya, akan ada garis halus di sekitar mata dan leher. Sedangkan garis halus yang terdapat pada dahi serta yang ada di samping mata disebabkan karena otot.




Pada awalnya, keriput yang bentuknya garis-garis halus, menjadi lebih dalam lagi dan lama kelamaan akan seperti keriputnya orang di usia lanjut.

Sebenarnya keriput pada wajah adalah hal yang alami jika terjadinya pada usia 30-40 tahun. Hal ini disebabkan oleh terjadinya proses aging (penuaan) yang salah satu tandanya adalah kerusakan kolagen.

10 Penyebab Keriput Dini


Pada saat ini keriput bisa saja terjadi pada orang yang muda. Orang yang usianya 20-an tahun sudah bisa terkena keriput terutama di daerah di sekitar mata.

Hal tersebut dikarenakan proses aging orang tersebut terjadi lebih cepat. Bisa jadi penyebabnya adalah karena :




1. Pemakaian kosmterik yang berlebihan.

2. Kulit kering yang tidak terawat.

3. Paparan sinar matahari.

4. Dan asap rokok.

5. aya hidup tidak sehat.

6.urang makan sayur dan buah.

7. Kurang tidur.

8. Stres berlebih.

9. Tidak pernah berolahraga.

10. Banyak makan junk food.

Pencegahan


Proses penuaan dini bisa dicegah dengan melakukan perawatan secara rutin, mulai dari pemakaian tabir surya, pakai pelembab untuk kulit yang kering, hindari paparan asap rokok, makan makanan yang bergizi, istirahat cukup dan olahraga teratur.

Tetapi apabila kerutan dini terlanjur hadir, maka wajib melakukan treatment yang dapat memperbaiki kualitas kolagen dan elastin kulit. Misalnya chemical peeling.

Intinya adalah jika wajah kita mulai timbul keriput, segera konsultasikan ke dokter secepat mungkin sebelum terlambat. Karena jika terlambat, maka penanganannya akan lebih sulit.

Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Penyebab Keriput Dini dan Solusinya"

Post a Comment