Mengenal Manfaat Minuman Surga

Pernahkan kalian membayangkan bagaimana lezat dan nikmatnya meminum minuman yang berasal dari surga? Pasti akan merasa ketagihan untuk meminumnya lagi dan lagi.

Di dalam minuman surga, ternyata ada unsur salah satu bahan yang nama penyebutannya sama dengan minuman surga. Bukan mengada-ada, namun tertulis di dalam Al Qur'an.

Herbal yang satu ini tertulis dalam Surat Al-Insaan Surat ke 76 dan ayat 17-18 dalam Al-Qur'an. Allah SWT berfirman,
"Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil."


Dialah yang dinamakan JAHE atau bahasa latinnya adalah "zinger officinale". Sebuah tanaman rempah yang populer hingga sekarang ini karena sifatnya yang menghangatkan. Biasanya manusia kerap menjadikan jahe ini sebagai campuran dalam minuman.

Rasa dominan yang pedas dalam rempah ini dikarenakan adanya senyawa keton yang bernama zingeron.

Diperkirakan berasal dari India, meskipun ada yang bilang berasal dari Tiongkok. Dari sana kemudian dibawa oleh para pedagang meunuju Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Tak butuh waktu lama, jahe segera menjadi komoditas populer di Asia Tenggar bahkan saat ini hingga mencapai eropa.

Pada zaman Nabi, beliau juga pernah membagikan jahe kepada para sahabat-sahabatnya hasil pemberian dari Raja Romawi agar segera dimakan sepotong.

Manfaat Minuman Surga


Keutamaan jahe ini adalah manfaatnya untuk kesehatan. Selain digunakan untuk menghangat tubuh dari cuaca yang dingin atau sedang hujan, jahe ternyata juga dapat melancarkan peredaran darah.

Gingerol yang terdapat dalam jahe bersifat antikoagulan yang akan mencehag terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utma sakit stroke, dan juga serangan jantung, gingerol ini juga mampu mengurangi demam dan batuk.



Mengonsumsi jahe berarti akan menekan timbulnya efek samping seperti yang terkandung dalam kandungan obat-obatan kimia.

Dalam sebuah studi yang lain, diperoleh hasil bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin yang merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala.

Dengan demikian, jahe dapat menurangi migrain atau sakit kepala sebelah. Gingerol ini juga bersifat antiinflamsi atau anti peradangan. Pada saat mencari obat anti peradangan, pastikan obatnya memiliki kandungan gingerol.

Antioksidan dan Pelancar Darah


Untuk Anda yang memiliki masalah dengan tingginya tekanan darah, maka jahe ini bisa dijadikan solusi yang tepat untuk menurunkan tekanan darah.

Rempah yang satu ini ternyata juga dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan juga dapat memperlebar pembuluh darah. Sehingga darah bisa mengalir dengan lancar dan lebih cepat.

Tak hanya itu saja, jahe juga dapat meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

Manfaat jahe lainnya adalah dia dapat menjaga keteraturan siklus menstruasi bagi wanita. Di negara Cina, jahe dicampurkan dengan gula merah dalam teh, kemudian dikonsumsi. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa kram pada saat datang bulan.





Jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengatasi efek merusak karena disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Pada sejumlah studi telah mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat memerangi berbagai macam jenis kanker seperti kanker ovarium dan kanker usus.

Ekstrak jahe juga bermanfaat pada penderita arthritis dan osteothritis. Kandunga yang terdapat pada jahe diyakini bisa menghambat COX, merupakan salah satu bahan kimia tubuh yang bertanggung jawab timbulnya peradangan.

Obat resep penghambat COX, biasa memiliki efek samping. Namun dengan menggunakan jahe, tidak sama sekali karena herbal, memiliki khasiat serupa dan tanpa efek samping.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Manfaat Minuman Surga"

Post a Comment