Mengenal 2 Macam ASI

Pada umumnya dan rata-rata, seorang ibu yang menusui buah hatinya sekitar enam bulan saja. Padahal sebenarnya hal tersebut masih terasa kurang lama.

Selama enam bulan tersebut, wajiblah bayi diberikan ASI oleh ibunya. Enam bulan tersebut sering disebut dengan pemberian ASI eksklusif.
Setelah lulus enam bulan lamanya, ada anggapan si bayi sudah mendapatkan makanan tambahan selain ASI. Ada yang bilang juga bahwa ASI-nya sudah tidak sebagus dahulu lagi.

Sebenarnya ada berapa macam air susu ibu itu?





Mengenal 2 Macam ASI


ASI sendiri terdiri dari dua jenis yang dinamakan dengan:

1. Foremilk.

2. Hindmilk.
Lazada Indonesia
Jenis foremilk adalah ASI yang diproduksi pada proses awal menyusui. Diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak dan mengandung protein serta laktosa. Namun kadar lemaknya cukup rendah hanya sekitar 1-2 gram per 100 ml.

Sedangkan kadar air jenis foremilk, cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan bayi. Jadi, si bayi tidak akan merasa haus meskipun tidak diberi air minum.




Sementara itu, ASI jenis hindmilk adalah air susu yang diproduksi pada akhir proses menyusui. Kadar lemaknya cukup tinggi, tiga kali lipat dari foremilk, namun jumlahnya lebih sedikit.

Tingginya jumlah lemak dalam hindmilk akan memenuhi kebutuhan kalori dan rasa kenyang pada bayi. Sehingga dengan hanya meminum ASI saja, sudah memenuhi kebutuhan makan dan minum bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 2 Macam ASI "

Post a Comment

Labels