Cara Aman dan Terbaik Turunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan adalah menjadi momok bagi sebagian orang, karena selain tak bisa bebas bergerak serta beraktivitas dengan nyaman, juga rentang sekali penyakit masuk ke dalam tubuh.

Untuk menurunkan berat badan, asupan energi (kalori) yang berasal dari karbohidrat seperti nasi, mie, kue-kue serta minuman yang manis-manis, haruslah dikurangi. Porsi ideal adalah dikurangi sebanyak 5 hingga 10 persen dari kebutuhan normal.


Demikian juga dengan makanan tinggi lemak seperti daging berlemak, jeroan, keju, susu full cream, gorengan dan santan, harus dikurangi sejak awal.

Sementara itu, asupan protein harus ditingkatkan sekitar 5 persen dari kebutuhan normal.

Dengan mengurangi karbohidrat yang merupakan sumber energi utama, tubuh akan memecah cadangan lemak sebagai sumber energi alternatif sehingga bert badan pun akan berkurang.





Cara Aman dan Terbaik Turunkan Berat Badan


Cara terbaik dan aman untuk menurunkan berat badan adalah denga diet rendah kalori seimbang. Artinya, asupan kalori dikurangi sebanyak 500-1000 kkal per hari dari kebutuhan normal.





Sehingga dengan begitu, penurunan berat badan akan tercapai sebesar 1/2 - 1 kg per minggu.


Perlu diketahahui bahwa penurunan berat badan tidak boleh drastis. Karena hal tersebut sesuatu yang tak wajar serta membahayakan jiwa seseorang.

Sebenarnya diet itu harus bertahap dan maksimal 2-4 kg perbulan agar proses metabolisme tubuh tidak terganggu.

Komposisi nutrisi dalam menu sehari-hari harus lengkap dan seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Demikian pula dengan asupan serat dan cairan harus tetap tercukupi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Aman dan Terbaik Turunkan Berat Badan"

Post a Comment

Labels