5 Tips Sehat Saat Menstruasi

Haid adalah tamu bulanan setiap wanita di dunia ini. Jadi, sudah wajar kalau menstruasi menjadi rutinitas bulanan yang harus dilakoninya.

Belakang ini banyak berita yang membicarakan masalah pembalut wanita. Katanya salah satu pembalut ada yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Namun sejauh ini, belum ada kabar lagi mengenai kebenaran dan kepastiannya, apakah benar ataukah keliru. Akan tetapi yang terpenting dalam memilih pembalut adalah pilih pembalut yang tidak menyebabkan alergi.
Agar mendapatkan haid yang sehat, seharusnya memperhatikan beberapa hal penting di bawah ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Perbanyaklah makan buah-buahan serta sayuran yang berwarna hijau. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri dari dalam yang tak bisa disebutkan.




5 Tips Sehat Saat Menstruasi


1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Terutama yang mengandung anti oksidan, protein dan kalori. Serta bantu juga dengan vitamin-vitamin tambahan.

2. Pembalut wanita.

Pilih pembalut yang tidak menyebabkan alergi. Kalau nyaman menggunakan kain, tak masalah sama sekali. Yang terpenting adalah pastikan kebersihannya, mengganti pembalut jika dirasa sudah lebih dari tiga jam.



3. Konsultasi dokter jika haid tak normal.

Jika merasa haidnya tidak normal, baik dari siklus maupun warna dan teksturnya, segera konsultasikan ke dokter. Ingat, jangan samakan masalah haid kita dengan orang lain. Karena setiap tubuh menghasilkan darah haid yang berbeda-beda.

4. Kurangi aktivitas.

Jika darah haidnya yang keluar banyak, terasa nyeri, menimbulkan rasa cemas dan takut, sebaiknya kurangi aktivitas.

5. Ingat gejala.

Ingatlkah bahwa ada gejala yang bisa dideteksi melalui keluhan namun ada juga gejala yang harus lewat pemeriksaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Sehat Saat Menstruasi"

Post a Comment

Labels