Kenali 3 Tanda Umum Terjadinya Keguguran

Keguguran dapat didefinisikan sebagi terjadinya kehamilan sebelum janin mampu hidup di luar kandungan pada umur kurang dari 28 minggu. Penyebab keguguran sebagian besar tidak diketahui dan terjadi secara spontan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gugur kandungan antara lain adalah karena sel telur yang kurang baik atau spermatozoa yang kurang sempurna.


Selain itu, keguguran juga dapat dipicu oleh adanya cacat pada kroimosom atau janin.

Keguguran juga bisa terjadi karena faktor janin yang tidak berkembang, mengonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu sangat lama, tidak menyadari kehamilan dan sebagainya, dan lain sebagainya.

Sebelum keguguran terjadi, biasanya ada beberapa koindisi yang dapat dirasakan oleh penderita sebagai gejala yang umum terjadi. Gejala-gejala ini dapat dijadikan sebagai poenanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada proses kehamilan.




Tanda-tanda terjadinya keguguran antara lain sebagai berikut.

1. Terjadi kram atau kejang pada perut.

Gejala ini hampir sama dengan kram perut yang terjadi pada saat seorang wanita akan menstruasi. Biasanya kejang perut terjadi secara berulang dalam jangka waktu relatif lama. Kejang juga bisa terjadi di daerah sekitar pinggul.




2. Pendarahan.

Pendarahan merupakan tanda keguguran yang paling biasa terjadi. Pendarahan yang terjadi bisa jadi hanya berupa bercak darah yang terjadi dalam waktu lama hingga terjadi pendarahan hebat. Bahkan terkadang ada bagian jaringan yang ikut keluar bersama darah.

3. Rasa sakit dan nyeri.

Tanda-tanda keguguran yang lain adalah rasa sakit dan nyeri di bagian bawah perut. Rasa sakit dan nyeri ini juga bisa menyerang bagian selangkangan dan terjadi dalam jangka waktu yang lama..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali 3 Tanda Umum Terjadinya Keguguran"

Post a Comment