Biaya Persalinan Bidan dan Dokter di Indonesia

Untuk mendapatkan pengalaman persalinan yang positif, maka Anda perlu dan harus menyusun rencana persalinan atau birth plan. Dan karena keberhasilan persalinan juga dipengaruhi oleh tenaga kesehatan.

Dan sebaiknya, Anda bijak dalam menentukan dengan siapa Anda akan dibantu saat proses persalinan. Ada tiga hal yang bisa dipertimbangkan untuk rencana persalinan ini, yaitu biaya, jarak dan privasi.


Karena tempat praktik bidan sebagian besar di rumah sendiri entah itu bidan rumah sakit yang praktik sendiri di rumah atau bidan desa. Rata-rata klinik bersalin mereka dengan peralatan yang cukup sederhana saja.





Tak heran kalau biaya untuk melahirkan yang dibantu bidan biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan biaya dari dokter spesialis kandungan yang rata-rata bekerja di rumah sakit dengan peralatan dan teknologi canggih.

Berikut ini gambaran perbandigan biaya antara bidan dan dokter kandungan di Indonesia.

Biaya Persalinan Bidan dan Dokter di Indonesia


1. Untuk pemeriksaan kehamilan.

Bidan = antara Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,-
Dokter spesialis = Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,-






2. Pertolongan persalinan.

Bidan = Rp 500.000,- hingga Rp 1.500.000,-
Dokter spesialis = Rp 1.000.000,- hingga Rp 1.500.000,-

Karena dokter spesialis ahli kandungan berwenang untuk melakukan operasi sesar dan epidural, maka otomatis biaya tindakan tersebut jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan bidan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biaya Persalinan Bidan dan Dokter di Indonesia"

Post a Comment

Labels