Apa itu Keloid

Keloid adalah benjolan yang tumbuh berupa jaringan ikat pada bekas luka atau bekas operasi pada kulit. Pada umumnya, berwarna merah kecoklatan serta kenyal.

Bahkan terkadang sewarna dengan kulit namun juga berwarna kehitaman.


Ukuran keloid bisa hanya sedikit lebih besar dari luka sebelumnya. Kadang bisa juga lebih besar, tebal dan tidak beraturan. Keloid ini sering timbul pada dada, punggung, bahu, dan lengan atas.






Akan tetapi bisa juga terjadi pada bagian tubuh mana saja. Keloid terjadi terutama karena bakat, atau dalam keluarga ayah atau ibu juga terdapat riwayat-riwayat keloid.

Keloid Rasanya Gatal

Karena adanya penambahan vaskularisasi dan jaringan ikat di bekas luka yang menjadi keloid tersebut, maka terlepaslah beberapa mediator yang menyebabkan timbulnya rasa gatal.




Rasa gatal memang tak sering terjadi, pemicunya bisa keringat atau gesekan pada keloid yang masih bertumbuh. Tak heran kalau pasien cenderung menggaruk keloid yang ada pada tubuhnya.

Akibat dari garukan, maka akan kembali terjadi pelepasan mediator kulit seperti histamin dan lainnya yang juga akan membuat pasien terasa gatal.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa itu Keloid"

  1. Itu yang tumbuh akibat bekas suntik cacar
    Apa sama dengan keloid yang sulit pudar

    ReplyDelete