Sudah Usia 17 Tahun tapi Belum Haid

Ada yang menanyakan tentang menstruasi, dimana adiknya yang saat ini sudah berusia sweet seventeen namun belum juga mendapatkan haid. Padahal seharusnya di usia seperti adiknya itu sudah mendapatkan.

TANYA:

Dok, saya mau bertanya tentang kondisi adik saya. Ia sudah berusia 17 tahun, tetapi sampai saat ini belum pernah mendapatkan menstruasi. Apakah hal itu wajar, Dok? Perlukah saya membawanya ke dokter? Terima kasih.

Fitri, Jakarta

JAWAB:

Fitri yth,

Tentang adiknya yang belum haid pada usia 17 tahun memang sudah tidak wajar. Tanda kesuburan secara umum bisa dilihat seperti pada payudara yang membesar, pinggul yang membesar, dan tumbuhnya rambut ketiak atau pubis.

Selanjutnya kita juga dapat periksa kesehatan reproduksi bagian dalam dengan USG, bagaimana keadaan rahim dan kedua indung telurnya. Kalau semuanya normal, maka kita tunggu saja.

Tetapi, kalau kita mencurigai sesuatu, seperti organ kandungan yang tidak/kurang berkembang, maka kita bisa periksa laboratorium hormonal ataupun cek kromosom.

Bila kita sudah punya kesimpulan, maka yang penting adalah bagaimana sikap kita menghadapi persoalan ini. Sering kali kita tidak memerlukan obat untuk terapinya, tetapi lebih ke arah konseling. Demikian penjelasan saya.

sumber health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sudah Usia 17 Tahun tapi Belum Haid"

  1. 17 tahun belum haid /keluar darah
    Pasti hati resah
    Namun gelisah jadi musnah
    Jika dokter membawanya keluar dari masalah

    ReplyDelete