Kandungan dan Khasiat Buah Naga yang Lain

Buah naga bentuknya unik seperti ular naga dengan buah yang rasanya nikmat dan menyegarkan. Nama dalam bahasa Inggrisnya adalah Dragon Fruits.

Kalau di Tionghoa sana, buah ini dipercaya bisa membawa berkah dan keberuntungan sehingga buah naga selalu menjadi ikon dalam perayaan tahun baru imlek untuk meramaikannya.


Dilihat dari sisi kesehatan, buah naga juga memberi berkah yang lain. Dia bisa menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah kolesterol tinggi serta mampu mencegah kanker usus terjadi.

Selain kemampuannya itu, buah naga bisa memperbaiki stamina dan menetralkan radikal bebas.

Kandungan zat betakaroten membuat buah naga lain daripada yang lain.
Betakaroten adalah provitamin A yang setelah diubah menjadi vitamin A yang berguna bagi proses metabolisme.




Betakaroten mampu mencegah kanker terutama kanker kulit dan paru-paru. Jika dibandingkan dengan vitamin A, maka betakaroten dapat menjangkau banyak bagian tubuh dalam waktu yang relatif lama. Hal ini bisa memberikan perlindungan lebih optimal terhadap munculnya kanker.

Kandungan Lain Dalam Buah Naga

1.Serat.

Kandungan seratnya 0,9 gram per 100 gram buah naga. Kandungan serat inilah yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam saluran cerna, serat akan mengikat asam empedu lalu dibuang bersama dengan tinja.

Semakin banyak serat, maka akan semakin banyak mengeluarkan asam empedu dan lemak dari dalam tubuh. Serat juga mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker dalam tubuh.

2. Lemak tak jenuh ganda.

Sangat baik untuk sistem peredaran darah, penyeimbang kadar gula dan menormalkan kadar gula. Bermanfaat sekali untuk kesehatan jantung dan mengikat kolesterol dalam tubuh.

3. Kalium, Kalsium, zat besi dan protein.

Keempat kandungan ini cukup baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menetralkan racun, menambah daya penglihatan dan mencegah terjadinya hipertensi.




4. Vitamin.

Kandungan vitamin B1 sebesar 0,3 mg per 100 mg daging buah naga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil dan yang sedang menyusui.

5. Air.

Kandungan airnya sangat tinggi mencapai 83 gram dalam 100 gram buah naga. Karenanya, buah naga bisa dijadikan pencuci mulut yang nikmat serta bisa berguna untuk mengobati sariawan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kandungan dan Khasiat Buah Naga yang Lain"

  1. Buah naga meskipun rasanya dingin nggak manis nggak pahit tapi kandungan vitaminnya banyak banget (y)

    ReplyDelete