3 Penyakit yang Ditandai Bau Mulut

Apa hubungannya antara bau mulut dengan penderita penyakit tertentu? Memang sih bau mulut bukanlah satu-satunya yang menjadi tolak ukur apakah seseorang mengidap penyakit tertentu. Masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi, ahli penyakit dalam dan sebagainya.

Meski tak perlu cemas, namun jangan pernah menyepelekan bau mulut. Memang ada sejumlah penyakit yang gejalanya belum muncul, tapi ditandai terlebih dahulu dengan bau mulut yang tidak enak.


Bisa diibaratkan, mulut itu adalah suatu sinyal. Apa saja yang terjadi dalam mulut kita ini lebih sering tercermin melalui bau mulut yang tak sedap.




Pada umumnya, bau tak sedap karena seseorang tak memperhatikan kebersihan giginya. Tapi bagaimana kalau sudah berusaha menggosok gigi dan berkumur namun saja saja keluar bau tak sedap dari dalam mulut? Inilah yang harus diwaspadai oleh kita karena hal ini bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres, apalagi ada penyakit yang ditandai bau mulut ini.

Sumber umum yaitu karena kurang bersihnya gigi, ada plak dan lidah yang tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Sisa-sisa makanan yang menumpuk akhirnya akan mengeras dan menjadi plak.




Berikut ini penyakit yang ditandai terlebih dahulu dengan bau mulut.

3 Penyakit yang Ditandai Bau Mulut


1. Kanker Nasofaring.

Apabila masalah di seputar gigi dan gusi beres tapi masih saja mengeluarkan bau yang tidak sedap, biasanya dokter akan melirik bagian hidung dan tenggorokan. Jika baunya terlalu berlebihan dan tak kunjung reda, maka hal itu bisa dicurigai sebagai gejala kanker nasofaring, organ di bagian belakang hidung.

2. Gangguan pencernaan.

Penyakit lain adalah gangguan pencernaan. Sistem pencernaan buruk, juga cara makan dan pilihan menu yang tidak tepat sehingga lambung bekerja lebih keras dalam mengolah makanan.

3. Diabetes Melitus.

Penyakit lainnya yang mungkin adalah penyakit kencing manis. Penderita ini kerap kali mengeluarkan bau "keton", yaitu sejenis senyawa kimia beracun yang bisa menyebabkan darah menjadi asam.

Kekebalan tubuh yang menurun, pasien kencing manis ini lebih rentan terhadap kuman penyebab infeksi. Akibanya adalah gusi mereka pun lebih potensial luka atau terkena radang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "3 Penyakit yang Ditandai Bau Mulut"

  1. Ternyata ada beberapa penyakit yang bisa diditeksi melalui bau mulit

    ReplyDelete

Labels